search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Objek Wisata Batu Bersusun di Tanjung Meriam Lambu Bima
Rabu, 23 Februari 2022, 09:25 WITA Follow
image

beritabali/ist/Objek Wisata Batu Bersusun di Tanjung Meriam Lambu Bima.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Ketika travelling atau jalan-jalan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, sempatkan pergi ke salah satu objek wisata bernama Toro Maria atau sebagian ada yang menyebutnya Tanjung Meriam.

Disebut Meriam karena mirip tumpukan senjata meriam mengarah ke arah musuh. Toro Maria ini berada di pesisir Bima Timur, atau tepatnya di Kecamatan Lambu. Termasuk mempunyai kekayaan bawah laut yang luar biasa, yang mana letaknya tepat berada di garis wallacea yang berhadapan dengan Pulau Komodo.

Keunikan wilayah ini adalah selain bagian pantainya yang indah, ada juga susunan batu Columnar Joint yang memenuhi hampir seluruh bagian bukit. Untuk mengarah ke tempat ini wajib memakai perahu, disebabkan belum terdapat akses menuju lokasi ini. 

Caranya yakni dengan menyewa perahu kecil dari Pelabuhan Sape. Menyewa perahu perseorangan ataubisa berkelompok.  Untuk menuju ke tempat ini memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. 

Keunikan struktur batuan yang ada di Tanjung Toro Maria tersingkap di sepanjang pantai. Yang terdiri dari batuan  beku jenis basalt hingga andesit dengan struktur kolom atau Columnar joint yang berbentuk pilar. 

Seolah-olah batu tersebut dibentuk oleh manusia. Padahal batu tersebut terbentuk secara alami. Hampir seluruh sisi bukit di Tanjung Meriam tertutup dengan batu. Batu-batu yang menutupi bukit itu hampir seluruhnya berukuran sama. Yaitu berdiameter sekitar 25 centimeter.  

Sementara panjangnya berkisar antara 2-3 meter dengan separuh batu telah menancap. Uniknya, selain ukurannya sama dan sebangun, susunan batuan ini juga masih nampak rapi. Dari bawah hingga ke atas, seakan ada teras untuk dipijak yang berfungsi seperti tangga. 

Selain penampakan keindahan dari struktur bebatuan di sana, potensi wisata Toro Maria atau Tanjung Meriam di tempat ini wisatawan bisa bersenang-senang di pantainya. Serta bisa berenang atau pun snorkeling karena air lautnya jernih dan terdapat terumbu karang yang memiliki warna yang indah dan tumbuh subur.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami