search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KRI I Gusti Ngurah Rai, Bakal Dipamerkan TNI AL di AS
Kamis, 12 Mei 2022, 11:05 WITA Follow
image

beritabali.com/zonajakarta.com/KRI I Gusti Ngurah Rai, Bakal Dipamerkan TNI AL di AS

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kapal perang butan PT PAL Indonesia, KRI I Gusti Ngurah Rai-322 akan mewakili TNI Angkatan Laut dalam rangkaian acara RIMPAC 2022. RIMPAC 2022 akan diselenggarakan pada Juni tahun ini di Hawaii, Amerika Serikat.

Sebagai latihan gabungan Rim of The Pacific Exercise, acara RIMPAC yang dibuat oleh AS akan diikuti oleh kurang lebih 27 negara dan 1000 personel. Latihan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme, kemampuan tempur dan kerja sama militer dengan negara sahabat.

Indonesia sendiri bisa dipastikan menjadi salah satu negara peserta RIMPAC 2022 dan akan membawa serta kapal perang canggihnya KRI I Gusti Ngurah Rai-322. Kapal perang buatan anak bangsa ini memang memilki spesifikasi unggul yang layak dibanggakan di kancah internasional.

Salah satu hal yang paling membanggakan adalah fakta bahwa kapal jenis light fregate ini dibuat sendiri oleh PT PAL Indonesia dan bekerja sama dengan DSNS. KRI Igusti ngurah Rai-322 dilengkapi sederet persenjataan canggih.

Meriam utamanya adalah meriam OTO Melara 76/62 mm Super Rapid Gun. Selain meriam utama, KRI I Gusti Ngurah Rai juga dilengkapi sistem rudal permukaan ke udara (SAM).

Kemudian ada sistem pertahanan diri (Close in Weapon System-CIWS) 35 mm. Selain itu juga dilengkapi dengan sistem pelontar torpedo, dan sistem rudal permukaan ke permukaan (SSM).

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 memiliki kemampuan peperangan elektronik melalui sistem Electronic Counter Measure (ECM) dan Electronic Support Measure(ESM) yang telah terintegrasikan dalam Combat Management System (CMS) yang dimiliki KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Dengan semua keunggulan itu, KRI I Gusti Ngurah Rai-322 bisa diandalkan dalam perang di empat matra sekaligus.

Empat matra yang dimaksud adalah:

1. Matra udara

KRI I Gusti Ngurah Rai-322 bisa menangkis serangan dan melakukan pertahanan dari bombardir pesawat tempur lawan.

2. Matra darat (permukaan)

Rudal yang ada pada KRI I Gusti Ngurah Rai-322 bisa menyerang daratan atau permukaan.

3. Matra laut

Sesuai dengan fungsinya sebagai kapal fregat, KRI I Gusti Ngurah Rai-322 jelas andal dalam pertempuran matra laut, termasuk bawah permukaan laut.

4. Perang elektronik

Pada era moden seperti saat ini, peperangan elektronik sangat umum dilakukan.

KRI I Gusti Ngurah Rai-322 bisa membiaskan gelombang elektronamgnet musuh dan tidak mudah di-jamming lawan.

Untuk ukurannya, KRI I Gusti Ngurah Rai-322 cukup luwes jika digunakan untuk peperangan. KRI I Gusti Ngurah Rai 332 dengan panjang total 105,11 meter dan berat 2.365 ton merupakan kapal perang kelas lightfregat atau perusak kawal rudal (PKR).

Tak heran jika TNI Angkatan Laut akan bangga membawa KRI I Gusti Ngurah Rai ini dalam latihan gabungan RIMPAC 2022.(sumber: zonajakarta.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami