search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia Usir 2 Staf Kedubes Finlandia
Rabu, 18 Mei 2022, 09:40 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Rusia Usir 2 Staf Kedubes Finlandia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Rusia mengusir dua staf kedutaan besar Finlandia di Moskow sebagai balasan atas langkah serupa yang lebih dulu dilakukan Helsinki terhadap diplomat Negeri Beruang Merah. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya telah memanggil duta besar Finlandia di Moskow dan menyatakan "protes keras" terhadap pengusiran dua diplomatnya dari tetangganya itu pada April lalu.

"Pihak Rusia membuat keputusan tentang tidak dapat diterima lagi masa tinggal lebih lanjut di Federasi Rusia yakni dua anggota staf kedutaan Finlandia di Moskow," kata Kemlu Rusia.

Moskow juga menuduh Finlandia mengambil "jalan konfrontatif" terhadap Rusia. Salah satunya yakni dengan keputusan Helsinki memasok senjata ke Ukraina dan "menutupi kejahatan nasionalis Ukraina" terhadap warga sipil di negara eks Uni Soviet itu.

Sejak Presiden Vladimir Putin menginvasi Ukraina pada 24 Februari, negara Barat termasuk Finlandia telah mengusir ratusan diplomat Rusia. Putin lantas membalas perbuatan para sekutu Amerika Serikat itu dengan langkah serupa.

Finlandia berbagi perbatasan darat sepanjang 1.340 kilometer (830 mil) dengan Rusia dan baru-baru ini mengkonfirmasi niatnya untuk bergabung dengan NATO.

Finlandia, wilayah eks kekaisaran Rusia, selama ini mencoba bersikap pragmatis dengan tak berkonflik dengan Moskow namun tetap berupaya mencocokkan diri dengan AS Cs.

Namun, pendirian Helsinki berubah drastis terutama setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina. Sejak itu, Finlandia mengutarakan niat ingin bergabung dengan NATO, sebuah langkah yang dibenci Rusia.(sumber: cnnindonesia.com).

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami