search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Nilai Penjaminan UMKM Capai Rp20 T, Jamkrida Bali Diapresiasi
Selasa, 14 Juni 2022, 16:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Nilai Penjaminan UMKM Capai Rp20 T, Jamkrida Bali Diapresiasi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

PT Jamkrida Bali Mandara merayakan hari jadinya yang ke 11 pada Senin 13 Juni 2022. Perayaan diisi dengan diskusi yang menghadirkan narasumber pengamat ekonomi, Nyoman Sugawa Kory. 

Kegiatan ini turut dihadiri Dirut PT Jamkrida Bali Mandara, Ketut Widiana Karya dan direktur dan komisaris Usdek Maharipa dan beberapa jajaran dan staf. 

Ketua DPD Golkar Bali itu merupakan salah satu penggagas dan pendiri PT Jamkrida Bali Mandara yakni perusahaan daerah yang bergerak di bidang penjaminan kredit untuk UMKM di Bali.

"Untuk pertama kali, saya hadir di Kantor Pusat PT Jamkrida Bali Mandara, di Jalan Surapati 8 Denpasar, saya betul-betul merasa bangga dan berbahagia melihat perkembangan perusahaan penjaminan yang saham-saham mayoritas dipegang oleh Pemprov Bali," terangnya. 

Sugawa mengatakan, saat awal ide dan gagasan ini disodorkan, banyak kendala dan tantangan yang dihadapi, baik dari internal DPRD maupun di luar DPRD itu sendiri. 

Terlebih pada saat itu pemahaman atas penting dan strategisnya perusahaan penjaminan masih sangat terbatas. 

Perusahaan penjaminan dari sisi return on investmen sangat tidak menarik dan syarat modal disetor dari penyertaan APBD sebesar Rp50 Miliar, suatu jumlah yang tidak sedikit. Terlebih Raperda inisiatif dewan saat itu belum ada, karena ketiadaan anggaran untuk kajian akademik.

"Puji syukur, walaupun banyak hambatan akhirnya proses pendirian perusahaan daerah ini, akhirnya terwujud, bahwa sekarang telah berkembang sangat pesat," ungkapnya.

Nilai penjaminan yang telah diberikan kepada UMKM di Bali, mencapai Rp20,163 triliun, UMKM (termasuk koperasi dan LPD) yang telah dilayani sebesar 404.749 dan mitra kerja sejumlah 789 mitra kerja berupa bank, koperasi,LPD, BUMDes, Perusda dan lainnya. 

"Ini merupakan prestasi yg sangat baik, dibuktikan dg penilian terakhir dari OJK dengan penilaian sangat baik dan penghargaan-penghargaan sebagai perusahaan daerah terbaik secara nasional secara 5 kali berturut turut," urai Sugawa.

Atas capaian itu, politisi asal Buleleng ini berpesan kepada jajaran PT Jamkrida Bali Mandara agar dijadikan semangat perjuangan untuk mencapai prestasi yang lebih baik. 

"Kreatif, inovatif, kerja keras seraya tetap mengembangkan harmonisasi berdasarkan sradha bakti, agar terus dilaksanakan. Kepada seluruh jajaran staf, hendaknya terus mengasah diri, agar mampu adaptif sejalan perubahan lingkungan strategis," bebernya. 

Sementara Dirut PT Jamkrida Bali Mandara, Ketut Widiana Karya berharap keluarga besar Jamkrida bisa lebih memahami dan menghayati, perjalanan perusahaan.

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami