search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tak Tahan 'Semerbak' Bau Badan Mahasiswa, Dosen Bikin Panduan
Kamis, 17 November 2022, 23:04 WITA Follow
image

bbn/tribunnews.com/Tak Tahan 'Semerbak' Bau Badan Mahasiswa, Dosen Bikin Panduan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Baru-baru ini, tersebar panduan viral himbauan dosen Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh kepada mahawasiwa supaya 'rajin mandi' dan tips tetap wangi. Dipantau Suara.com dari akun @infobandaaceh di Instagram, panduan itu dipicu oleh banyaknya mahasiswa yang dikabarkan memiliki bau badan menyengat.

Dosen yang berinteraksi dengan para mahasiswa tersebut mengeluhkan tak tahan dengan bau badan mereka.

Surat panduan dengan nomor B/885/UN11.1.4/4/LL/2022 itu dikabarkan diteken oleh Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Dr Laina Hilma Sari.

"Sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan. Padahal kegiatan belajar dan asistensi dengan dosen akan memberikan waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen, terutama pada saat asistensi. Untuk itu, perlu mahasiswa membaca panduan untuk mengurangi bau badan berikut ini," tulis surat panduan tersebut.

Adapun panduang dalam mengurangi bau badan yang ditujukan kepada para mahasiwa tersebut. Tips untuk tetap wangi itu pun dituliskan begitu detail satu persatu.

1. Mandi secara teratur
2. Gunakan sabun antibakteri
3. Keringkan badan dengan baik
4. Pilih pakaian sejuk
5. Ganti baju dan pakaian dalam secara teratur
6. Kurangi makan minyak dan bawang," tulis keterangan.

Tak hanya itu, surat tersebut turut menambahkan tips dan tata cara untuk merawat ketiak, yang merupakan area paling berkeringat.

Tindakan untuk merawat ketiak itu dijabarkan mulai dari untuk menggunakan antiperspirant, daun sirih, cuka apel, baking soda, jus lemon, hingga tea tree oil. Dosen juga mengimbau mahasiswa untuk menghindari pemakaian deodoran berlebihan, karena akan membuat bau badan lebih terasa serta meminta untuk menghentikan merokok.

"Mohon peringatan ini diperhatikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan sangat mengharapkan mahasiswa harus memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh ketika proses kegiatan belajar di kampus," tutup surat panduan tersebut.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami