search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Indeks Keterbukaan Informasi Publik, Bali Diharapkan Tetap Menyandang Predikat Baik
Kamis, 23 Februari 2023, 17:49 WITA Follow
image

beritabali/ist/Indeks Keterbukaan Informasi Publik, Bali Diharapkan Tetap Menyandang Predikat Baik.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Ketua Komisi Informasi Daerah Bali Agus Wirajaya menargetkan tim Kelompok Kerja Daerah (Pokjada) untuk merampungkan penyusunan data indeks keterbukaan informasi publik (IKIP) 2023 hasil pada Juni 2023 mendatang.

Ia menyebut dari 5 personel tim Pokjada IKIP 2023 Bali terdiri dari 2 orang berasal dari Komisi Informasi daerah, 3 lainnya terdiri dari 1 orang Kominfo dan 2 dari akademisi atau masyarakat.

Terkait hasil dari indeks ini, ia berharap Bali tetap dinilai dalam kategori baik mengingat selama 2 tahun terakhir terus menyandang predikat baik untuk  indeks keterbukaan informasi publik. 

"Hasil dari informan ahli nantinya yang akan memberikan penilaian dimana tahun 2021 Bali meraih angka 83,15 dan 2022 sebesar 80,99. Meski terjadi penurunan skor, tetapi dari situasi dan kondisi tetap baik secara nasional," ungkapnya saat Bimbingan Teknis Indeks Keterbukaan Informasi Publik (Bimtek IKIP) 2023 di Kuta, Rabu (22/2/2023). 

Tahun 2021, Bali peringkat 1 dari 3 provinsi yang mendapat nilai baik. Sedangkan 2022, dari 2 provinsi yang mendapat nilai baik, Bali menduduki peringkat 2 setelah Jawa Barat. Artinya, kata dia kalau kondisinya baik relatif baik, keterbukaan informasi publik di Bali terpublikasi dengan baik, di jajaran badan publik dan masyarakat.  

"Keterbukaan informasi publik ini harus dipahami dengan baik oleh penyedia informasi dan masyarakat yang mengaksesnya," pungkasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami