search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Korut Eksekusi Mati Warganya yang Terlibat Narkoba hingga Beribadah
Jumat, 31 Maret 2023, 16:59 WITA Follow
image

bbn/reuters/Korut Eksekusi Mati Warganya yang Terlibat Narkoba hingga Beribadah.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan pada kamis (30/3) mengungkap Korea Utara dilaporkan eksekusi mati warganya karena kejahatan narkoba, menyebarkan sejumlah video dari Korea Selatan, hingga ketahuan melakukan kegiatan keagamaan.

Dalam laporan setebal 450 halaman, kementerian itu menuturkan ada lebih dari 500 warga Korut yang kabur ke Korsel sejak 2017-2022.

"Hak warga negara Korut untuk hidup tampaknya sangat terancam," bunyi kutipan laporan kementerian tersebut.

"Eksekusi mati dilakukan secara luas untuk tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan seperti kejahatan narkoba, penyebaran video-video Korsel, dan aktivitas keagamaan dan takhayul," bunyi laporan itu menambahkan.

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol mengatakan laporan ini seharusnya semakin membuat komunitas internasional semakin jelas soal pelanggaran "mengerikan" Korea Utara.

Ia menuturkan Korut tidak pantas mendapatkan "satu sen pun" bantuan ekonomi ketika masih mengejar ambisinya mengembangkan senjata rudal dan nuklir.

Reuters tidak bisa memverifikasi secara independen temuan Korsel ini.

Namun, laporan semacam ini sejalan dengan penyelidikan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan laporan organisasi non-pemerintah selama ini soal dugaan pelanggaran HAM Korut.

Korut menolak segala kritikan atas kondisi penegakan HAM di wilayahnya dan menyebutnya sebagai upaya menggulingkan pemimpin rezim komunis itu. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami