search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Demi Dapatkan Siaran TV Digital, Warga Karangasem Pasang Antena hingga 25 Meter
Rabu, 5 April 2023, 15:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/Demi Dapatkan Siaran TV Digital, Warga Karangasem Pasang Antena hingga 25 Meter.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dimatikannya siaran TV analog, menyebabkan tidak sedikit warga masyarakat di Kabupaten Karangasem khususnya yang belum memiliki perangkat penerimaan siaran TV digital menjadi kelimpungan.

Seperti yang dialami Nyoman Arnawan salah seorang warga di Karangasem ini mengaku langsung membeli perangkat set top box pasca dimatikannya siaran TV analog beberapa hari yang lalu dengan harapan dapat menikmati siaran TV digital.

Namun, begitu membeli set top box dan mengaplikasikannya ke TV, ternyata hanya sedikit siaran TV digital bahkan nyaris tidak mendapatkan tangkapan sinyal TV digital di lokasinya tempat tinggalnya. Padahal ia sudah memakai antena TV yang bisa dikatakan sesuai untuk menangkap siaran TV digital. 

Atas kondisi tersebut, beberapa rekannya kemudian menyarankan untuk memasang antena sedikit lebih tinggi agar bisa menangkap siaran TV digital. Saran itu ia coba terapkan, setelah memasang antena lebih tinggi ternyata tetap saja belum mendapatkan siaran digital, hingga akhirnya ia mencoba memasang di atas pohon dengan ketinggian sekitar 25 meter. 

Alhasil, setelah beberapa kali melakukan pencarian siaran TV digital pada set top box tersebut tetap saja belum bisa menangkap siaran. Sempat digeser ke beberapa arah namun tidak ada hasil, sialnya antena yang ia pasang diatas pohon tersebut akhirnya jatuh dan hancur sebelum bisa digunakan. 

"Ini tidak tau juga masalahnya dimana, tetap tidak dapat siaran. Teman saya ada juga yang pasang set top box tapi bisa nangkap siaran walapun hanya beberapa siaran saja," ujarnya. 

Kondisi yang hampir sama juga dirasakan oleh Putu Hendra, ia juga memasang set top box untuk mendapatkan siaran TV digital setelah dimatikanya siaran analog. Hanya saja ia lebih beruntung, setelah memasang antena dengan ketinggian tiang sekitar 10 meteran berhasil mendapatkan siaran TV digital meskipun belum bisa menangkap semua siaran. 

"Dapat siaran, cuma tidak terlalu banyak, mungkin kurang tinggi lagi sedikit antenanya," kata Hendra. 

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik, Diskominfo Karangasem, Permana Wahyuni sebelumnya mengatakan, untuk wilayah Karangasem secara umum sudah bisa menangkap siaran tb digital namun dengan jumlah siaran berbeda disetiap wilayah. 

Hanya saja juga diakui kalau masih ada wilayah yang memang sama sekali tidak bisa mendapatkan jangkauan siaran TV digital di Karangasem. 

"Memang masih ada wilayah yang terkendala penerimaan sinyal digital seperti di wilayah Abang atas misalnya, sementara terkait kondisi tersebut sudah kami sampaikan ke pihak Balmon Spektrum kelas 1 Denpasar, semoga dapat ditindaklanjuti dan kedepan jangkauan sinyal bisa lebih membaik," kata Wahyuni.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami