search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cak Tarian Rina Antarkan Tim Culture List Juara Lomba Film 2023
Senin, 17 April 2023, 15:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Cak Tarian Rina Antarkan Tim Culture List Juara Lomba Film 2023.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Lomba film dokumenter biografi seniman Gianyar 2023 akhirnya rampung. Dari 50 peserta, tampil enam juara. Juara satu diraih tim Culture List dengan karya Cak Tarian Rina.

Kemunculan juara satu ini dengan seleksi ketat oleh kurator Anak Agung Rai owner museum Arma dan tokoh seni Gianyar, Samsul Hadi "Esa Nyonyo", Gusti Made Aryadi dan Kadek Ariasa.

Salah satu juri, Kadek Ariasa menyatakan peserta harus bisa membedakan antara dokumentasi dan dokumenter. 

“Dokumentasi sebatas merekam dan dirangkai lanjut ditayangkan. Sedangkan dokumenter ada wawancara narasumber yang bukan hanya fokus pada seniman, tokoh lain yang bisa menguatkan penilaian terhadap seniman yang diangkat dari berbagai sudut pandang,” ujar Ariasa yang juga pengurus Yayasan Ketut Alon Ubud itu. 

Diingatkan juga, bukan hanya sekedar wawancara satu narasumber yang dirangkai jadi sebuah film. “Tetapi wawancara yang mampu memberi dan menguatkan penghargaan terhadap seniman tersebut,” jelasnya.

Kurator Anak Agung Gde Rai sangat terkesan dengan semangat generasi muda dalam berkarya film. “Hanya perlu penguatan, siapa seniman tersebut dengan research awal sebelum mengambil gambar dan editing sehingga hasilnya lebih kuat pesan yang tersampaikan,” imbuhnya.

Sementara itu, juara lainnya, juara 2, tim Karsa Film dengan dokumenter I Wayan Balawan berjudul The Magic Finger. Juara 3, tim 6K Film dengan dokumenter I Nyoman Cerita (alm.) berjudul  Sang Maestro.

Untuk juara harapan 1, tim Smarta dokumenter I Wayan Wija, berjudul STALA.

Juara Harapan 2, tim Manah Creative, dokumenter Anak Agung Bagus Harjunanthara, S.Sn.,M.Sn., berjudul Arjuna Sutedja. Juara  Harapan 3, dari Tim SMAN Mengwi dokumenter Prof. Dr. I Wayan Rai, S. MA, berjudul Mengungkap Hidup Sang Inspirasi. 

Sedangkan juara favorit netizen dengan 3.025 like adalan tim Abbinaya Satya Jiwatman, dokumenter Prof. Dr. Tjokorda Gde Raka Sukawati, SE, MM berjudul  Rasa&Karsa berdasar Tri Hita Karana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami