search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kesalahan Sinyal Diduga Jadi Penyebab Tabrakan Kereta di India
Minggu, 4 Juni 2023, 16:32 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kesalahan Sinyal Diduga Jadi Penyebab Tabrakan Kereta di India

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Penyelidikan awal menduga kesalahan sinyal sebagai penyebab tabrakan kereta penumpang dan barang di Kota Balasore, negara bagian Odisha, India, pada Jumat (2/6).

"Coromandel Express seharusnya melakukan perjalanan di jalur utama, tetapi sinyal diberikan untuk jalur lingkar sebagai gantinya, dan kereta menabrak kereta barang yang sudah diparkir di sana. Gerbong-gerbongnya kemudian jatuh ke rel di kedua sisinya, juga menggelincirkan Howrah Superfast Express," kata K. S. Anand, Kepala Humas South Eastern Railway, dikutip dari Reuters.

Atas insiden tragis ini, 288 orang telah dikonfirmasi meninggal dunia dan 803 mengalami luka. Namun, angka ini masih bisa bertambah karena mayat-mayat masih terperangkap di dalam gerbong yang hancur dan operasi penyelamatan masih terus berlanjut.

Seorang penumpang yang selamat, Anubha Das, mengatakan ia tidak akan pernah melupakan kejadian tersebut.

"Keluarga-keluarga hancur, tubuh-tubuh yang tak bernyawa dan darah berceceran di atas rel," katanya.

Rekaman video menunjukkan gerbong kereta yang tergelincir dan rel yang rusak, serta tim penyelamat mencari di antara gerbong-gerbong yang hancur untuk menarik para korban yang selamat dan melarikan mereka ke rumah sakit.

Mayat-mayat tergeletak di lantai berlumuran darah di sebuah sekolah yang digunakan sebagai kamar mayat darurat, dan polisi membantu kerabat mengidentifikasi mayat-mayat tersebut, yang ditutupi dengan kain putih dan dimasukkan ke dalam tas yang dirantai.

Tragedi yang menimpa negara berpenduduk 1,4 miliar ini disebut sebagai tragedi kereta api terburuk sejak 2016. Ketika itu lebih dari 140 orang tewas dalam sebuah kecelakaan kereta di negara bagian Uttar Pradesh utara, India.

Kecelakaan terparah di sejarah kereta api India sendiri terjadi pada 1981 ketika sebuah kereta api terjun dari jembatan ke sungai di negara bagian Bihar, menewaskan sekitar 800 orang.

Dalam sebuah data pada 2021 disebutkan sekitar 16.431 orang tewas dalam hampir 18 ribu kecelakaan kereta api di seluruh India.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami