search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PHDI Karangasem Sikapi Turis Asing Berciuman di Candi Bentar Pura Lempuyang
Kamis, 27 Juli 2023, 13:03 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/PHDI Karangasem Sikapi Turis Asing Berciuman di Candi Bentar Pura Lempuyang.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Menyikapi ulah wisatawan yang ciuman di Candi Bentar Pura Lempuyang, Abang, Karqngasem, Ketua PHDI Karangasem, Ni Nengah Ruatini meminta pihak terkait agar lebih memperketat pengawasan wisatawan yang datang berkunjung. 

"Kita harus tetap menjaga kesucian tempat suci dan menjaga adat dan budaya Bali yang adi luhung ini untuk dapat terciptanya masyarakat yang Santhi Jagadhita," kata Ruatini Kamis (27/7/2023). 

Menurutnya, PHDI Karangasem mengharapkan agar para pendamping tamu yang berwisata ke tempat - tempat suci atau kawasan suci hendaknya memperketat pengawasan jangan sampai ada wisatan berbuat porno dan nyeleneh serta berbuat yang tak beretika di kawasan suci pura. 

"Untuk mengantisipasi hal serupa, kami berencana untuk turun melalui pengurus kecamatan untuk diteruskan ke desa-desa menyosialisasikan ke masing - masing pengempon Kahyangan Jagat Dang Kahyangan dan Kahyangan Tiga di Karangasem," jelas Rustini. 

Sementara itu, pihak Desa Adat Purwayu hari ini sekitar pukul 12.00 WITA melaksanakan upacara pengerebuan atau pembersihan di areal Madya Mandala Pura Penataran Agung Lempuyang setelah sepasang wisatawan berciuman beberapa hari yang lalu. 

Selain itu, pihak Desa Adat akan lebih memperketat kembali dalam hal menerangkan kepada wisatawan terkait apa saja yang bisa dilakukan selama berkunjung ke Pura Lempuyang

Bahkan, jika wisatawan melanggar akan diancam denda berupa melaksanakan upacara pengerebuan sebagai efek jera. Jika wisatawan belum memahami dan mau menuruti imbauan maka yang bersangkutan bisa tidak diperbolehkan untuk memasuki areal Pura.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami