search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Makin Was-Was, Polandia Kirim Lagi Pasukan ke Perbatasan Belarus
Rabu, 9 Agustus 2023, 11:24 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Makin Was-Was, Polandia Kirim Lagi Pasukan ke Perbatasan Belarus

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Kementerian Pertahanan Polandia sepakat mengirim pasukan tambahan ke perbatasan negara itu dengan Belarus, sebagai langkah antisipasi terhadap negara sekutu Rusia tersebut.

Rencana pengiriman pasukan tambahan ini disepakati setelah layanan penjaga perbatasan meminta lebih banyak pasukan berjaga di sana.

"Sehubungan dengan situasi dinamis di perbatasan Polandia dan Belarus, Menteri Pertahanan Nasional memerintahkan agar permintaan dilaksanakan dan pasukan tambahan ditugaskan untuk berpatroli di perbatasan Polandia-Belarus," demikian keterangan Kemhan Polandia, seperti dikutip PAP.

Permintaan ini sendiri disetujui setelah pada Senin (7/8), Penjaga Perbatasan Polandia meminta Kemhan mengirim 1.000 tentara lagi ke perbatasan karena was-was dengan ancaman penerobosan Belarus belakangan ini.

Kepala Penjaga Perbatasan Tomasz Praga mengatakan pada tahun ini 19.000 orang telah mencoba melewati perbatasan kedua negara secara ilegal. Jumlah ini naik dari sebelumnya 16.000 orang tahun lalu.

Dalam beberapa pekan terakhir, Polandia memang dibuat was-was setelah kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group, terdeteksi berada di dekat perbatasan Belarus.

Wagner berada di Belarus usai membuat keributan di Rusia guna menggulingkan pejabat militer Kremlin pada 24 Juni lalu.

Lewat negosiasi yang dimediasi Presiden Belarus Alexander Lukashenko, pemerintah Rusia pun sepakat mengizinkan Wagner pergi ke Belarus tanpa diberikan hukuman karena tindakannya.

Kini, keberadaan Wagner di Belarus dinilai bertujuan mengacaukan situasi di sisi timur NATO.

Polandia sendiri selama ini punya pagar yang membatasi antara negara itu dengan Belarus. Perbatasan itu dilengkapi dengan perlindungan elektronik, demikian dilaporkan Reuters.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami