search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
HUT Kota Negara, Layang-layang Internasional hingga Tradisional Mengudara
Kamis, 10 Agustus 2023, 11:54 WITA Follow
image

beritabali/ist/HUT Kota Negara, Layang-layang Internasional hingga Tradisional Mengudara.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Salah satu agenda dalam memperingati HUT Kota Negara ke-128 dan HUT RI ke-78 adalah eksebisi layang-layang internasional dan tradisional. 

Eksebisi ini akan digelar di Sikuit All in One Jembrana, menjadi salah satu agenda baru dalam rangkaian kegiatan tahunan untuk ulang tahun kota Jembrana tersebut.

Selama sebulan penuh bulan Agustus ini, sekitar 25 kegiatan termasuk eksebisi layang-layang internasional dan tradisional serta berbagai kegiatan seni, budaya, dan lomba telah digelar. Lomba sampan misalnya, sudah diadakan akhir pekan lalu.

Dalam memperingati HUT Kota Negara tahun 2023, tema yang diusung adalah "Segara Kerthi" yang mengartikan samudra sebagai sumber kehidupan dan kebahagiaan. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, mengungkapkan tema tersebut saat memaparkan kegiatan HUT Kota Negara dan HUT RI tahun ini pada Selasa (8/8/2023)

Berbagai kegiatan telah berlangsung sejak awal Agustus, termasuk lomba melibatkan pelajar seperti gerak jalan dan lomba gong kebyar anak. 

"Gong kebyar anak diselenggarakan di masing-masing kecamatan," kata Bupati, yang didampingi oleh Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, Ketua Panitia HUT Kota Negara, I Made Budiasa, Kapolres Jembrana, I Dewa Gede Juliana, Komandan Kodim 1617/Jembrana, Letkol Inf Teguh Dwi Raharja, dan Kajari Jembrana, Salomina Meyke Saliama pada Selasa (8/8).

Eksibisi layang-layang internasional dan tradisional, yang diikuti oleh peserta dari 10 negara, menjadi salah satu kegiatan yang baru pertama kali digelar dalam peringatan HUT Kota Negara. Bupati menyebut bahwa kegiatan ini dapat berdampak positif bagi Jembrana dengan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pawai budaya juga menjadi perhatian utama, akan diadakan pada Sabtu (19/8). Pawai ini melibatkan berbagai perusahaan termasuk BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta. 

"Sejumlah kabupaten dari Bali dan kabupaten di luar Bali juga berpartisipasi dalam pawai budaya ini," tambah Bupati.

Pawai budaya juga akan menampilkan sejarah dengan hadirnya kuda putih milik pemerintah kabupaten Jembrana. Bupati dan Wakil Bupati Jembrana akan menunggangi kuda, diikuti oleh forkopimda Jembrana. Seni budaya Jembrana juga akan ditampilkan, termasuk perwakilan dari kesenian Bali yang telah digelar di Denpasar. 

Seluruh rangkaian pawai budaya akan dipusatkan di simpang empat Jalan Sudirman, Kota Negara. Charity golf menjadi salah satu agenda penting, dengan tujuan sosial. Pendapatan dari kegiatan charity golf akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur gang di desa dan kelurahan, serta membantu masyarakat miskin di Jembrana.

Kegiatan HUT Kota Negara ke-128 dan HUT RI ke-78 melibatkan seluruh forkopimda Jembrana. Polres Jembrana akan mendukung pengamanan dengan dukungan dari Kodim 1617 Jembrana.

Editor: Robby

Reporter: Humas Jembrana



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami