search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Enam Penyebab Sistem Imun Lemah Yang Bikin Mudah Sakit
Kamis, 24 Agustus 2023, 15:19 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Enam Penyebab Sistem Imun Lemah Yang Bikin Mudah Sakit

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Setiap orang wajib mengetahui tanda-tanda sistem imun yang melemah. Sebab, sistem imun lemah dapat membuat tubuh jadi lebih mudah terinfeksi dan sakit.

Sistem imun atau sistem kekebalan berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Imun diproduksi melalui sel darah putih dan komponen lain, termasuk kelenjar getah bening.

Ada sejumlah faktor yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan seseorang mengalami gangguan kekebalan tubuh. Berikut rangkumannya, melansir dari Medical News Today:

1. Tidak Menjaga Kebersihan

Penyebab utama sistem kekebalan tubuh melemah adalah kondisi lingkungan sekitar atau tubuh yang tidak bersih. Maka dari itu, salah satu cara termudah untuk mencegah sistem imun melemah adalah mempraktikkan gaya hidup sehat, termasuk mencuci tangan.

Menurut Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit (CDC), sering mencuci tangan dengan baik dapat mengurangi risiko penyakit secara signifikan.

Selain mencuci tangan, Anda juga dapat menjaga kebersihan dengan selalu membersihkan rumah dan ruangan yang sering digunakan.

2. Tidak Menjaga Jarak dengan Orang Sakit

Tidak menjaga jarak dengan orang sakit dapat meningkatkan risiko imun melemah. Sebab, virus dan penyakit menular dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat. Selain itu, virus dan penyakit juga dapat menyebar melalui droplet yang berada di udara.

Maka dari itu, kurangi kontak erat atau jarak dengan orang sakit, setidaknya sampai penyakit dan virus yang diidap sudah teratasi. Selain itu, hindari berbagi makanan dan minuman dengan orang sakit.

3. Stres

Sejumlah riset menunjukkan bahwa seseorang yang sering mengalami stres berlebihan berisiko tinggi terjangkit penyakit. Sebab, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang jadi lebih rentan sakit.

Dengan demikian, orang yang mulai mengalami imun melemah harus melakukan beberapa hal untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, pijat refleksi, menghabiskan waktu dengan melakukan hobi, dan menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

4. Kurang Tidur

Menurut penelitian yang dipublikasikan Oxford Academic, kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan tubuh jadi mudah sakit. Sebab, kurang tidur mampu mengganggu produksi normal sel darah putih yang berperan dalam membentuk imun tubuh.

Menurut CDC, orang dewasa harus tidur minimal tujuh jam per hari, sedangkan bayi dan anak-anak membutuhkan waktu tidur antara delapan hingga 17 jam tergantung usia.

5. Kurang Mengonsumsi Makanan Sehat

Seseorang yang mulai mengalami sistem imun melemah harus rutin mengonsumsi makanan sehat. Sebab, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Selain makan makanan yang sehat, salah satu penyebab sistem imun melemah adalah mengonsumsi makanan yang tidak bersih. Maka dari itu, pastikan Anda telah mencuci semua buah dan sayuran; hindari daging, ikan, dan telur yang kurang matang; dan pastikan seluruh makanan dimasak dengan peralatan yang bersih.

6. Jarang Berolahraga

Tubuh yang kurang bergerak dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Olahraga yang cukup dan teratur dapat menjadi pilihan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain menguatkan tubuh, olahraga mampu membantu tubuh untuk melepaskan endorfin yang menurunkan tingkat stres. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yakni sel darah putih yang membunuh mikroorganisme jahat.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami