search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Topan Haikui Melanda Taiwan, Warga Dievakuasi dan Diminta Waspada
Senin, 4 September 2023, 00:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Topan Haikui Melanda Taiwan, Warga Dievakuasi dan Diminta Waspada

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pemerintah Taiwan bersiap menghadapi topan Haikui yang akan melanda sejumlah wilayah di negara itu pada Minggu (3/9) waktu setempat. Badai besar itu tercatat sebagai yang pertama terjadi di Taiwan dalam empat tahun terakhir.

Topan Haikui diperkirakan akan melanda sekitar pukul 17.00 waktu setempat di Taitung, daerah pegunungan di Taiwan Timur dengan penduduk yang relatif sedikit.

Peristiwa itu sudah disertai dengan hujan lebat sejak pagi. Biro Cuaca Pusat Taiwan juga menjelaskan badai itu telah berada di sekitar 180 kilometer di timur Taiwan sebelum pukul 09.00 lalu.

"Hal ini diperkirakan akan menimbulkan ancaman besar bagi sebagian besar wilayah di Taiwan melalui angin, hujan, dan ombak tinggi," ucap Deputi Biro Cuaca Pusat Taiwan Fong Chin-tzu, seperti diberitakan AFP.

"Topan itu telah mengumpulkan kekuatan sejak kemarin," lanjut Chin-tzu, kemudian menambahkan bahwa topan itu akan bergerak ke barat menuju Selat Taiwan pada Senin (4/8).

Topan tersebut melaju dengan kecepatan angin sekitar 154 kilometer per jam, sehingga memicu sejumlah dampak bagi warga Taiwan. Sebanyak lebih dari 200 penerbangan domestik dibatalkan, sementara aktivitas bisnis di bagian selatan dan timur Taiwan juga ditutup.

Sementara itu, ribuan warga juga dievakuasi untuk mencegah adanya korban dari peristiwa tersebut. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen juga meminta masyarakat untuk waspada sekaligus bersiap menghadapi topan Haikui.

Presiden bahkan mengimbau warga Taiwan agar tidak pergi keluar rumah atau melakukan aktivitas berbahaya selama topan Haikui masih melanda, atau hingga imbauan tersebut dicabut pemerintah.

"Saya mengingatkan masyarakat untuk melakukan persiapan menghadapi topan dan berhati-hati terhadap keselamatan Anda, menghindari keluar rumah atau melakukan aktivitas berbahaya apa pun," ucap Tsai ing-wen.

Meski demikian, Haikui disebut jauh lebih lemah dibanding topan Saola yang sempat melanda Hong Kong dan Provinsi Guangdong di Tiongkok selatan pada Sabtu.

Topan itu juga diperkirakan hanya termasuk topan kategori 1 atau 2 ketika melanda Taiwan, menurut Tropical Storm Risk dikutip dari Reuters.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami