search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Zelensky Akan Tunjuk Muslim Tatar Crimea Jadi Menhan Ukraina
Senin, 4 September 2023, 12:55 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Zelensky Akan Tunjuk Muslim Tatar Crimea Jadi Menhan Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Presiden Volodymyr Zelensky dikabarkan akan menunjuk etnis Tatar muslim dari Ukraina sebagai Menteri Pertahanan Ukraina.

Rustem Umarov bakal menggantikan posisi Oleksii Reznikov yang dicopot dari posisinya sebagai Menhan.

Pencopotan Reznikov oleh Zelensky setelah muncul kasus korupsi di tubuh militer Ukraina kala negara mereka berperang melawan invasi Rusia.

Umerov merupakan salah satu pemimpin Crimea yang sangat berpengaruh di antara para warga muslim Tatar. Ia juga pernah mewakili Ukraina dalam negosiasi dengan Rusia.

Pria 41 tahun itu merupakan pebisnis sukses di bidang telekomunikasi pada 2004 dan terpilih menjadi anggota parlemen Ukraina pada 2019, seperti dikutip dari The Guardian.

Keluarga Umarov sempat terusir dari negara kelahirannya di Uzbekistan pada era Uni Soviet rezim Joseph Stalin. Keluarganya besert Umerov yang masih bocah kembali ke Crime pada 1980-an ketika bangsa Tatar dibolehkan kembali ke wilayah itu.

Umerov masuk dalam salah satu jajaran pemimpin Dewan Crimea pada 2014. Dewan itu dibentuk sebagai bagian dari upaya diplomatik internasional untuk mengubah status aneksasi Crimea oleh Rusia.

Ia bekerja di bawah pemimpin kharismatik Crimea, Mustafa Dzhemilev, untuk membebaskan wilayahnya dari aneksasi Rusia.

Sebelumnya, Zelensky mengatakan Kemhan Ukraina harus memiliki pendekatan baru dalam menghadapi Rusia sehingga harus mencopot Kemhan.

Zelensky juga mengungkapkan alasan bakal mengusulkan nama Umerov menggantikan Reznikov sebagai Menhan Ukraina.

"Sekarang Rustem Umerov harus menjadi kepala kementerian [pertahanan]. Saya berharap parlemen mendukung kandidat ini," ucap Zelensky.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami