search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dosen Triatma Mulya Buat Inovasi Pengemasan Produk Tenun Songket Jembrana dengan Teknologi Augmented Reality
Selasa, 12 September 2023, 10:02 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dosen Triatma Mulya Buat Inovasi Pengemasan Produk Tenun Songket Jembrana dengan Teknologi Augmented Reality.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Dosen Universitas Triatma Mulya berhasil memperoleh pendanaan untuk kategori Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dengan skema Pengabdian Masyarakat Pemula Tahun Pelaksanaan 2023. 

Adapun judul kegiatan yang didanai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini adalah PMP Inovasi Pengemasan Produk Tenun Songket dengan Teknologi Augmented Reality Bagi Kelompok Tenun Kembar Sari Kabupaten Jembrana.

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim pelaksana PKM Universitas Triatma Mulya, yaitu sebagai ketua adalah Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara, S.Kom., M.T., sedangkan untuk anggota pelaksananya adalah I Ketut Yudana Adi, SE, MM dan I Nengah Juniawan, S.Kom., MM. Pelaksanaan program ini dilakukan dari bulan Maret hingga bulan September tahun 2023. 

Sedangkan mitra pelaksanaan program ini adalah Kelompok Tenun Kembar Sari Kabupaten Jembrana yang berfokus pada produksi kain tenun tradisional Bali yang disebut dengan tenun Songket.

Kelompok Tenun Songket Kembar Sari Jembrana sedang menghadapi tantangan dalam mengembangkan inovasi produk dan memasarkan produk mereka, terutama pasca pandemi COVID-19 yang berdampak pada penurunan permintaan dan penjualan secara langsung.

Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan nilai jual produk tenun songket Kelompok Tenun Kembar Sari dengan memadukan teknologi augmented reality pada produk mereka. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk, serta menarik perhatian konsumen baru dan meningkatkan penjualan produk. Tujuan lainnya adalah memberikan pelatihan dan keterampilan pemasaran digital kepada anggota kelompok sehingga dapat memperbesar target pasar penjualan produk songket ini.

Tahapan pelaksanaan kegiatan dalam program ini adalah meliputi identifikasi permasalahan mitra, analisa permasalahan, pelaksanaan program, dan pendampingan dan monitoring. Secara umum pelaksanaan pengabdian masyarakat pemula ini berjalan sesuai dengan rencana, hal tersebut dibuktikan dengan hasil kuisioner mitra program ini menjawab puas dengan pelaksanaan program ini.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami