search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Seniman Karangasem Beri Pesan Jaga Alam dan Isinya Lewat Media Tubuh
Senin, 18 Desember 2023, 14:21 WITA Follow
image

beritabali/ist/Seniman Karangasem Beri Pesan Jaga Alam dan Isinya Lewat Media Tubuh.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Sejumlah seniman di Karangasem mencoba mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga alam beserta isinya melalui media gambar atau lukisan.

Menariknya, lukisan–lukisan bertemakan alam yang mereka buat itu menggunakan manusia sebagai media kanvasnya atau dikenal dengan seni melukis tubuh (body painting). 

Selaku penggagas kegiatan tersebut, Dalbo Suarimbawa mengaku merasa cukup khawatir atas kondisi alam dan keberlangsungan isi di dalamnya. Pasalnya di tempat yang terlihat masih begitu asri, ternyata beberapa jenis burung sudah cukup sulit ditemukan.

“Kami ingin mengingatkan kembali bahwa alam sekitar perlu dijaga. Seperti di Banjar Adat Janglap ini, terlihat masih asri namun ternyata sudah ada beberapa habitat burung yang jarang sekali ditemui. Oleh karena itu visualisasi yang diterapkan pada seni tubuh ini bertemakan burung dan alam," ujarnya di sela – sela aksi yang berlangsung di sepanjang jalan Banjar Adat Janglap, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem pada Minggu (17/12/2023).

Ia berharap, melalui aksi ini nantinya mampu memberikan sumbangsih pada alam sekitar serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan perburuan liar terhadap ayam hutan, burung maupun beberapa jenis habitat lainnya.

Sementara itu, disamping untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, alasan Dalbo memilih body painting sebagai media lukis juga sebagai langkah untuk menggali potensi seniman lokal.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami