search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cegah Aksi Wisman Nakal, Satpol PP Menyamar Jadi Turis Dikerahkan
Rabu, 3 Januari 2024, 22:45 WITA Follow
image

bbn/youtube Kemenparekraf/Cegah Aksi Wisman Nakal, Satpol PP Menyamar Jadi Turis Dikerahkan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun juga sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi ulah para turis asing yang nakal dan ingin berbuat tidak senonoh.

"Sebelumnya kami sudah membuat Surat Edaran soal aturan do’s dan don’t bagi para wisatawan di Bali. Sekarang ini sesuai dengan anjuran Pj (Penjabat) Gubernur, kita sudah menyiapkan Satpol PP Pariwisata. Mereka ini tidak akan memakai seragam Satpol PP, tapi berpenampilan seperti wisatawan pada umumnya," ungkap Tjok Bagus yang hadir secara daring dalam acara The Weekly Bried with Sandi Uno yang digelar secara hybrid di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

"Mereka ini akan ditempatkan di seluruh daya tarik wisata dan destinasi wisata. Mereka ini tidak akan tampil garang tapi lebih soft dan akan menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang lebih humanis agar tidak menimbulkan kegaduhan," sambungnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menambahkan, sejumlah tempat wisata sebaiknya biasanya dipasang tulisan kalau tempat atau kawasan tersebut diawasi oleh kamera CCTV. Tulisan peringatan seperti itu disarankan lebih diperbanyak dan disosialisasikan agar lebih banyak orang yang tahu. Harapannya, para pengunjung tidak akan bertindak gegabah karena mereka tahu ada yang mengawasi.

"Pariwisata di Bali ini kan pariwisata yang bermartabat dan berbasis budaya serta kearifan lokal, ini harus kita masifkan dan lestarikan supaya tetap terjaga dengan baik,” tutur pria yang biasa disapa Sandi ini.

Sebelumnya, turis asing kembali berulah. Kali ini pria dan wanita yang diduga sepasang kekasih berbuat mesum di sebuah kelab malam di Badung, Bali, baru-baru ini. Aksi mereka kemungkinan terekam kamera ponsel dan kemudian beredar di media sosial.

Kejadian ini sedang diselidiki pihak berwajib. Namun, tak ada kamera pengawas (CCTV) di tempat kejadian perkara (TKP). Ulah nakal turis asing yang sudah kerao terjadi ini sangat disayangkan oleh berbagai pihak, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Nanti mungkin di setiap tempat terutama di kelab malam dipasang kamera CCTV tambahan, karena kalau ada kamera pengawas mungkin mereka bisa lebih menahan diri. Kalau mereka dalam keadaan sadar atau tidak mabuk, pasti akan berpikir panjang jika ada kamera pengawas," kata Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Bried with Sandi Uno yang digelar secara hybrid di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

"Kalau ditonton sama banyak orang kan mungkin mereka (turis asing) bisa menahan dirinya, kalau mereka bisa menahan diri maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," lanjutnya. (sumber: liputan6.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami