search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2.300 Pesepak Bola Usia Belasan Tahun Adu Bakat di Pesisir Pantai Purnama
Senin, 4 Maret 2024, 23:28 WITA Follow
image

beritabali/ist/2.300 Pesepak Bola Usia Belasan Tahun Adu Bakat di Pesisir Pantai Purnama.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sebanyak 2.300 peserta berusia 12 hingga 14 tahun dari 120 tim mewakili 14 Provinsi dan 1 Negara ASEAN mengikuti turnamen Barati Cup Bali 2024 di Bali United (BU) Training Ground, Minggu pagi, (3/3/2024).

Kompetisi ini berlangsung 2 hingga 5 Maret 2024 di pesisir Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar. Menurut, CEO BARATI Mendunia, Krisna Wisnu Marsis, kompetisi sepak bola kelompok usia terbesar di Indonesia ini merupakan bagian rangkaian kegiatan program Bangga Merah Putih (BARATI) Mendunia.

Turnamen ini akan menjadi ajang seleksi untuk skuad BARATI 2024 yang akan berkompetisi di World Youth Cup - Gothia Cup di Swedia pada bulan Juli 2024.

"Barati Cup Bali 2024 akan berlangsung selama 4 hari dengan total 240 pertandingan dan menggunakan 9 lapangan," jelasnya.

Pada hari pertama dan kedua, tim KU-12 dan KU-13 akan dibagi menjadi 11 grup, sedangkan KU-14 akan dibagi menjadi 8 grup. Setiap tim di setiap Kelompok Umur akan bertanding satu sama lain. Sementara itu, pada hari ketiga dan keempat, akan dilaksanakan pertandingan sistem gugur untuk menentukan juara turnamen. 

Dalam ajang tahun ini, selain seleksi pemain, juga akan dilakukan pencarian pelatih yang akan mendampingi setiap Kelompok Umur (KU) 12, 13, dan 14 tahun selama kompetisi di Swedia. 

"Inisiatif baru ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah, terutama Kemenpora dan PSSI, dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang sepak bola," paparnya.

Proses seleksi skuad BARATI akan dilakukan oleh Coach Indra Sjafri untuk memilih 52 pemain terbaik. Para pemain ini nantinya akan dipersiapkan melalui Training Center di Jakarta sebelum berangkat ke Swedia. 

Sementara, Direktur Bangga Merah Putih Mendunia, Desty R Nathalia, mengungkapkan untuk memudahkan proses seleksi, turnamen ini akan menggunakan teknologi sport science kelas dunia seperti Catapult. 

"Jadi pemain bisa dipantau melalui data statistik untuk membantu scouting yang akan dipimpin oleh Coach Indra Sjafri," ucapnya.

BARATI Mendunia adalah program inkubator bakat sepak bola yang didasarkan pada semangat nasionalisme, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang profesional, menyenangkan, dan aman bagi pengembangan bakat sepakbola usia dini. 

"Ini adalah tahun kedua BARATI Mendunia menyelenggarakan turnamen BARATI Cup di Bali dan saat peluncuran program Desember pada tahun lalu dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo pada Desember lalu," tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami