search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Arus Balik, Pemudik Pejalan Kaki Padati di Pelabuhan Bakauheni Lampung
Minggu, 14 April 2024, 14:56 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Arus Balik, Pemudik Pejalan Kaki Padati di Pelabuhan Bakauheni Lampung

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pemudik pejalan kaki yang akan menyeberang ke Pulau Jawa membeludak di Pelabuhan Bakauheni, Lampung H+4 Idulfitri 2024.

Pantauan CNNIndonesia.com, Minggu (14/4) pagi sekira pukul 09.00 WIB, ribuan pemudik pejalan kaki yang akan menyeberang ke Pulau Jawa terpantau memadati Pelabuhan Bakauheni.

Kepadatan pemudik pejalan kaki ini terlihat, mulai dari ruangan cetak tiket, lalu scaning saat akan menuju ke kapal. Bahkan di lorong Gangway dermaga 1 dan 2 reguler, para pemudik mengantre untuk naik ke kapal.

Ramainya pemudik yang hendak kembali ke Pulau Jawa ini, membuat Gangway dermaga reguler tersebut penuh sesak dan panjang antrean hingga mencapai 40 meter lebih.

Setelah para pemudik pejalan kaki tersebut naik ke kapal dan berlayar menuju ke Pelabuhan Merak, takl ama kemudian hanya berselang sekitar 25 menit saja, pemudik pejalan kaki kembali membeludak dan memadati Gangway dermaga reguler.

Sebaliknya, pemudik yang berlayar dari Pulau Jawa dan tiba di Pelabuhan Bakauheni, baik itu pemudik pejalan kaki, dalam kendaraan dan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat (pribadi) meski ada pergerakan namun terpantau normal.

Salah seorang petugas Helper Pelabuhan Bakauheni, Nanang Riyanto mengatakan, kepadatan pemudik pejalan kaki yang akan menyeberang ke Pulau Jawa, mulai terjadi sejak Sabtu (13/4) kemarin siang hingga malam. Tapi kepadatannya, tidak seperti yang terjadi hari ini.

"Dari kemarin siang sampai tadi malam sudah ramai, lalu hari ini mulai dari pagi tadi sekitar pukul 06.30 WIB sudah penuh lagi pemudik yang datang," kata dia kepada CNNIndonesia.com saat ditemui di lorong Gangway dermaga 1 reguler, Minggu (14/4) pagi.

Ia menambahkan, jam ramai kedatangan para pemudik pejalan kaki ini, terjadi pada pagi hingga sore nanti.

"Kalau malam, enggak terlalu banyak. Tapi lebih ramainya itu pagi sampai sore. Kalau hari ini, bener-benar padat pemudik yang mau nyeberang ke Pulau Jawa," ungkapnya.

Sementara seorang pemudik, Ina (24) yang akan kembali ke daerah Tangerang Selatan mengaku melakukan perjalanan hari ini karena pabrik tempatnya bekerja sudah mulai masuk, pada Senin (15/4) besok pagi.

"Berangkat hari ini, sebab besok sudah mulai masuk kerja lagi di pabrik," ucap wanita berparas anggun ini usai mudik dari kampung halamannya di daerah Kota Metro.

Selain pemudik pejalan kaki yang akan menyeberang ke Pulau Jawa, pemudik menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor), juga terpantau ramai memadati kantung parkir dermaga 2 dan 3 reguler Pelabuhan Bakauheni.

Begitu juga dengan kendaraan roda empat (pribadi), tampak terlihat juga memadati kantung-kantung parkir dermaga reguler dan eksekutif Pelabuhan Bakauheni untuk naik ke kapal menuju ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Berdasarkan data angkutan ASDP Bakauheni selama periode arus balik lebaran 2024 hingga H+2, jumlah pemudik pejalan kaki yang kembali ke Pulau Jawa sebanyak 20.546 orang. Jumlah ini, tidak terpaut jauh dengan pemudik menggunakan sepeda motor yang mencapai 22.171 unit kendaraan.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami