search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Erick Jawab Putra Nababan Minta Timnas Diisi 60 Persen Pemain Nasional
Rabu, 5 Juni 2024, 15:14 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Erick Jawab Putra Nababan Minta Timnas Diisi 60 Persen Pemain Nasional

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir merespons pernyataan Anggota DPR Putra Nababan yang meminta Timnas Indonesia bisa diisi 60 persen pemain nasional dan 40 persen pemain naturalisasi.

"Ya kan opini itu sah, pak Putra Nababan saya kenal baik, dia juga tokoh nasional. Nah, itulah yang kita perbaiki kan nasionalisasi adalah pemain berdarah Indonesia. Mungkin banyak teman-teman yang terpersepsikan seakan-akan nasionalisasi kita seperti yang lalu-lalu. Tidak salah. Ada pemain U-17 kita, U-20 kita, kemarin bapak ibunya orang Afrika, Sudan. Bapak Ibunya sudah dan lahir di sini, punya KTP, dan yang lainnya. Dia orang apa, ya orang kita, dia lahir di sini," ucap Erick usai meninjau Stadion GBK, Rabu (5/6).

"Jadi kita juga mesti membuka wacana bahwa olahraga ini semakin global, tetapi kita punya strategi besar bahwa namanya naturalisasi adalah pemain berdarah Indonesia dan kepentingan tim nasional bukan klub. Dulu pemain naturalisasi kepentingan klub, begitu dinaturalisasi dipakai di tim nasional ogah-ogahan, tetapi main di klub seger dan kualitasnya tidak standar tim nasional. Nah, ini tidak bisa, memang sepak bola ini rumit dan perlu diperbaiki," kata Erick menambahkan.

Dalam rapat kerja Komisi X DPR dan Kemenpora pada Senin (3/6), Putra Nababan menyetujui permohonan Calvin Verdonk dan Jens Raven untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun Putra Nababan mencatat sudah ada 25 pemain yang dinaturalisasi PSSI dari 2010 hingga era Erick Thohir.

"Saya mencatat, Indonesia menaturalisasi 25 pemain sejak 2010. Saya harus mencatat, bahwa di era sekarang ini adalah rekrutan naturalisasi yang paling banyak. Ini sudah ada sebelas pemain dari 2022," kata Putra Nababan dalam raker tersebut.

Putra Nababan menyarankan agar PSSI lebih fokus dalam melakukan pembibitan pemain muda.

"Ini betul-betul kepercayaan publik terhadap generasi masa depan Timnas Indonesia harus diimbangi," kata Putra Nababan.

"Bahkan dalam catatan saya, kalau bisa komposisi pemain di lapangan itu kalau bisa 60 persen pemain nasional, jangan semuanya diisi pemain naturalisasi," ucap Putra Nababan menambahkan.

Penyataan Putra Nababan yang meminta Timnas Indonesia diisi 60 persen pemain nasional viral di media sosial. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami