search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ditarget Angka Pemilih 75 Persen, KPU Karangasem Geber Rangkul Gen Z
Kamis, 20 Juni 2024, 21:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ditarget Angka Pemilih 75 Persen, KPU Karangasem Geber Rangkul Gen Z.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem mendapat tugas meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada November 2024 mendatang. 

Sesuai dengan target dari KPU Bali, partispasi pemilih pada Pilkada mendatang diharapkan mencapai 75 persen atau meningkat dari pemilu tahun 2020 Parmas sebesar 71 persen.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Karangasem, I Kadek Sukara tak menampik target yang diberikan itu. 

Bahkan ia berharap nantinya partisipasi bisa meningkat lahir murni karena kesadaran berdemokrasi meningkat. "Pemilih di Karangasem saya harap jangan mudah terseret pada kepentingan pragmatis," kata Sukara. 

Untuk mendukung target tersebut, KPU Kabupaten Karangasem juga menggeber program goes to campus untuk melakukan sosialisasi tatap muka sekaligus mengajak generasi gen Z terlibat aktif pada Pilkada Serentak 27 November 2024 yang akan datang. 

Kegiatan hari ini, Kamis (20/6/2024) dilaksanakan di Kampus Lembaga Pelatihan Kerja Swasta World Training Center, Kamis. Sosialisasi difokuskan dengan menyasar pemilih dari kalangan gen Z yang diikuti sekitar 70 orang peserta. 

Menueut Sukara pendidikan pemilih terus dilakukan dalam upaya membangun kesadaran kritis-reflektif tentang hak dan kewajiban pemilih di hadapan negara dengan sistem demokrasi.

"Pendidikan pemilih meletakkan pemilih sebagai subjek yang membangun nalarnya sendiri. Harapannya dapat melahirkan pemimpin berintegritas untuk kesejahteraan kita semua dari Pilkada Serentak pada 27 November 2024 nanti," kata Sukara. 

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Karangasem nanti, Sukara ingin agar pemilih jangan sampai tergoda dengan money politik. Harapannya pemilih dapat memilih dengan mandiri untuk mencari  pemimpin yang amanah untuk menentukan nasib 5 tahun kedepan di Karangasem

Ia pun mengajak para peserta sosialisasi untuk menyatakan siap datang ke TPS, dan ikut mengajak keluarganya agar menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta Bupati dan Wakil Bupati Karangasem.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami