search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sandiaga Uno Buka Suara Soal Wacana Uang Pungutan Wisman di Bali Dinaikkan
Sabtu, 22 Juni 2024, 06:57 WITA Follow
image

bbn/dok beritabali/Sandiaga Uno Buka Suara Soal Wacana Uang Pungutan Wisman di Bali Dinaikkan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menanggapi wacana DPRD Bali yang akan menaikkan pungutan bagi wisatawan mancanegara (wisman) menjadi USD50 dari yang sebelumnya hanya USD10.

Menurut dia, sebelum memutuskan menaikkan pungutan wisman, perlu dilakukan sejumlah kajian secara data. 

Salah satunya, dengan mempertimbangkan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan Indonesia dalam hal pemurnian atau kelestarian kebudayaan serta lingkungan. Selanjutnya, pemerintah bisa menerapkan kebijakan terkait kenaikan biaya pungutan bagi wisman yang berwisata di Indonesia. 

“Pendapat saya dan saya sudah bicara juga dengan rekan-rekan di Kemenparekraf, sebelum kita tingkatkan biayanya alangkah baiknya kita melakukan kajian secara data, apa saja yang sudah dilakukan untuk pemurnian kebudayaan atau kelestarian budaya dan juga menjaga lingkungan seperti penanganan sampah dan sebagainya,” jelas Sandi saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024).

“Kan itu ide originalnya nanti itu apakah sudah tercapai, dan setelah kajian itu bisa dibuat dan diyakinkan, silakan nanti pemerintahan selanjutnya bisa mengambil kebijakan,” imbuh mantan Wagub DKI Jakarta ini.

Dirinya juga mengingatkan bahwa posisi pariwisata Indonesia sudah masuk dalam 20 besar terbaik di dunia. Karena itu, ia berharap rencana kenaikan tarif pungutan wisman tersebut tidak berdampak buruk terhadap kualitas kunjungan dan pergerakan wisman di Tanah Air. (sumber: okezone.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami