search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cuaca Buruk di Selat Bali Diperkirakan hingga Sebulan, Nahkoda Kapal Diingatkan Sesuai SOP
Rabu, 3 Juli 2024, 17:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Cuaca Buruk di Selat Bali Diperkirakan hingga Sebulan, Nahkoda Kapal Diingatkan Sesuai SOP.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Cuaca buruk melanda Selat Bali atau lintas Ketapang-Gilimanuk beberapa akhir ini. ASDP Cabang Ketapang memperingatkan nahkoda kapal untuk menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) guna mengantisipasi atau meminimalisir kejadian yang tak diinginkan. 

Keselamatan penumpang dan ABK menjadi prioritas utama. Cuaca buruk diperkirakan akan berlangsung hingga bulan depan. 

Menurut General Manager PT ASDP Cabang Ketapang, Syamsudin, pihaknya telah menginstruksikan nahkoda kapal untuk memantau kondisi cuaca terkini sebelum dan selama pelayaran. Nahkoda diwajibkan mengikuti arahan dari petugas di pelabuhan dan hasil koordinasi dengan instansi terkait seperti BMKG dan lainnya.

"Kami telah memperketat SOP nahkoda kapal untuk memastikan keselamatan penumpang dan kru kapal ketika dalam kondisi cuaca buruk," ujar Syamsudin saat dikonfirmasi, Selasa (2/072024).

"Nahkoda kapal diwajibkan untuk selalu memantau kondisi cuaca terkini dan mengikuti arahan dari petugas di pelabuhan," imbuhnya.

Syamsudin menambahkan bahwa pihaknya meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait seperti Basarnas untuk kesiapsiagaan tim SAR dan peralatan penyelamatan di kedua pelabuhan, guna mengantisipasi kecelakaan laut akibat cuaca buruk.

"Kami juga meningkatkan kesiapsiagaan tim SAR dan peralatan penyelamatan di kedua pelabuhan. Karena keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama pelayanan," kata Syamsudin.

Ia juga mengimbau masyarakat yang ingin bepergian melalui jalur laut Ketapang-Gilimanuk untuk memantau informasi cuaca terkini sebelum berangkat. Jika cuaca diprediksi buruk, sebaiknya menunda keberangkatan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian melalui jalur laut Ketapang-Gilimanuk untuk selalu memantau informasi cuaca terkini sebelum berangkat," tutur Syamsudin.

"Kami mohon kepada pengguna jasa agar bersabar dan selalu patuhi arahan dari petugas jika terjadi penundaan keberangkatan akibat cuaca buruk. Ini demi faktor keselamatan penumpang seluruhnya," tandasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami