search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Seniman Daur Ulang Karangasem Rancang Gaun dari Bungkus Kertas
Rabu, 10 Juli 2024, 16:59 WITA Follow
image

beritabali/ist/Seniman Daur Ulang Karangasem Rancang Gaun dari Bungkus Kertas.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Seniman daur ulang recycle atau barang bekas, I Gusti Lanang Matra kembali berulah. Kali ini pria asal Banjar Dinas Menanga Kawan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem itu kembali berkarya dengan memanfaatkan bungkus kertas foto copy dan bungkus tepung.

Ditemui di kediamannya, lelaki berkumis tipis ini mengaku sedang merancang dua gaun berbahan dasar barang bekas, diantaranya satu buah gaun bergaya eropa dengan bahan dasar bungkus kertas foto copy serta satu gaun bernuansa moderen dengan memanfaatkan sampah bungkus tepung dari usaha jajan istrinya. 

"Untuk karya terbaru saya ini, saya buat dua gaun dengan memanfaatkan pembungkus kertas foto copy dan bungkus tepung. Kebetulan dekat sini ada tempat foto copy jadi saya meninta untuk bungkusnya dikumpulkan. Sedangkan untuk bungkus tepung, saya dapat dari rumah karena istri kebetulan jual jajan bali," kata Lanang Mantra ditemui, Rabu (10/7/2024). 

Selain gaun, saat ini ia juga mengaku sedang membuat projek recycle dalam bentuk patung. Bahkan ada rencana membuat gitar dari bahan bekas komponen peralatan sepeda motor juga. 

Lanang Mantra sendiri sudah malang melintang di dunia seni recycle. Sebelumnya berbagai karya fenomenal juga sempat dibuatnya, seperti ogoh - ogoh berbahan barang bekas hingga lukisan tiga dimensi (3D) dengan bahan yang sama. 

Dibalik karyanya, Lanang Mantra ingin menyadarkan serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa lebih peduli terhadap lingkungan. Terutama persoalan sampah plastik yang memang selama ini masih menjadi persoalan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami