search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Heboh, BNN Grebek Pabrik Narkoba Jenis Langka di Vila Payangan Gianyar
Senin, 22 Juli 2024, 20:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Heboh, BNN Grebek Pabrik Narkoba Jenis Langka di Vila Payangan Gianyar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menggerebek sebuah Vila bernama Mama JI House di Jalan Keliki Kawan Payangan, Gianyar, Bali. 

Vila tersebut digunakan sebagai Clandestine Laboratory (pabrik narkoba) oleh jaringan narkoba International asal Filipina dan Jordania. Yang menarik, narkoba yang diracik oleh para pelaku merupakan jenis langka yang tidak beredar di Indonesia, salah satunya narkoba jenis Zombie. 

Hal ini disampaikan Karo Humas BNN RI Brigjend Pol Sulistyo Pudjo Hartono SIK, M.Si di Denpasar, pada Senin 23 Juli 2024. Dijelaskannya, penggerebekan Clandestine Laboratory itu berlangsung sejak sepekan lalu. 

Penggerebekan ini berdasarkan hasil patroli siber yang dilakukan BNN RI terkait ditemukanya Clandestine Laboratory di wilayah Payangan, Gianyar, Bali. 

"Saat dilacak, sumber narkoba tersebut berada di Bali, tepatnya kawasan Jalan Keliki Kawan, Payangan," ujarnya. 

Menurut Jenderal bintang satu di pundak itu, pabrik narkoba tersebut diduga memproduksi narkoba jenis DMT dan ada juga Fentanyl. 

"Narkoba jenis Fentanyl ini sempat membuat gempar Amerika Serikat khususnya kawasan Negara Bagian Philadelphia, karena banyak warganya yang menjadi pecandu barang haram itu, sampai berprilaku seolah-olah seperti zombie," bebernya. 

Dijelaskannya lagi, pabrik narkoba itu dioperasionalkan oleh jaringan narkoba international warga negara Filipina dan Jordania. 

Otak pelaku asal Filipina bernama Diego Alejandro Santos (DAS), berhasil ditangkap di lokasi pabrik. Sementara seorang lagi bernama Jordan Ali Mohammed Isa (AMI) buron dan masih dalam pengejaran. 

"Mereka ini jaringan internasional, warga negara Filipina, Yordania dan ada juga WNI yang terlibat sebagai operator," ujarnya. 

Adapun barang bukti narkoba yang ditemukan di TKP yakni, DMT, Fentanyl, bahan-bahan narkoba lainya, hingga peralatan peracik. Bahan bahan tersebut dibeli dari luar negeri dan dibawa ke Gianyar untuk diracik dan diperjualbelikan melalui internet. 

Diterangkan Brigjend Sulistyo, penyitaan barang bukti ini dilakukan di dua tempat, satu di lokasi pabrik dan tempat tinggal para pelaku.

"Ini luar biasa, clandestine laboratory itu bahannya dibeli dari luar negeri dan diolah di Bali. Artinya kejahatan narkoba bergerak melalui batas negara melalui ide-ide manusia. Misalnya ahli kimia punya kawan di Amerika, beli barang di toko obat atau apotek dan lainnya, akhirnya bisa produksi narkotika," ungkapnya. 

Dibeberkannya, narkoba jenis DMT atau Dimethyltripetamine (DMT) adalah senyawa triptamin tersubtisi yang banyak ditemui di tanaman dan hewan termasuk manusia. Zat ini banyak digunakan sebagai obat psikedelik dan analog struktural dari triptamin. 

Narkoba jenis ini sangat langka dan hanya ditemui di wilayah Amerika selatan, sedangkan Fentanil di wilayah Amerika Serikat

"DMT ini biasanya khusus dipakai suku suku Indian untuk panggil arwah, untuk mendapatkan pencerahan, mau pindah kampung dan lain sebagainya. Jenis ini sudah banyak beredar," tegasnya. 

Terkait tertangkapnya jaringan international ini pihaknya masih mendalami apakah ada kecocokan dengan pengungkapan yang dilakukan di sejumlah daerah seperti di Kalimantan Selatan, Jakarta, dan sebagainya. 

"Besok Selasa 23 Juli 2024 sekitar pukul 11.00 WITA kami akan rilis kasusnya bersama Kepala BNN RI di lokasi Jalan Keliki Kawan, Payangan, Gianyar Bali," pungkasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/spy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami