search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konsumsi 5 Minuman Ini Untuk Melancarkan BAB
Selasa, 13 Agustus 2024, 11:37 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Konsumsi 5 Minuman Ini Untuk Melancarkan BAB

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Susah buang air besar (BAB) memang masalah pencernaan yang umum. Anda perlu beberapa minuman ini untuk memperlancar buang air besar secara instan.

Susah buang air besar sampai sembelit biasanya terjadi saat orang kekurangan asupan serat. Serat berfungsi menggemukkan dan melembutkan isi perut sehingga meningkatkan waktu transit lewat saluran cerna.

Selain serat, masalah hidrasi juga bisa jadi penyebabnya.

"Serat membutuhkan cairan untuk bergerak melalui saluran cerna, jadi kita Anda meningkatkan asupan serat tapi tidak cukup cairan, hal ini dapat menyebabkan sembelit juga," jelas Carolyn Newberry, ahli gastroenterologi, mengutip dari Healthy.

Minuman ini ampuh lancarkan buang air besar. Apa saja?

1. Jus kiwi
Newberry menyarankan minum jus kiwi untuk memperlancar buang air besar. Kandungan gula pada jus kiwi yang tinggi mampu memicu pergerakan usus.

Hal ini didukung beberapa penelitian termasuk penelitian pada 2022 yang dipublikasikan di jurnal Nutrients. Riset menemukan bukti kuat bahwa kiwi punya efek pencahar, meredakan sembelit, dan berpengaruh positif pada mikrobioma usus.

2. Kombucha
Saat susah buang air besar, coba minum kombucha. Minuman probiotik satu ini mampu mengatasi sembelit dengan cara menumbuhkan bakteri usus yang lebih sehat.

3. Air lemon dan biji chia
Sebaiknya konsumsi minuman tinggi serat untuk melembutkan isi perut sehingga mudah buang air besar. Ahli menyarankan untuk mengonsumsi campuran air lemon dan chia seeds atau biji chia.

"Apa yang indah soal chia bahwa ia sangat tinggi serat," kata ahli gastroenterologi Will Bulsiewicz, mengutip dari Eating Well.

Sebanyak 2 sendok makan biji chia mengandung 12 gram karbohidrat dan 10 gram di antaranya adalah serat. Sementara air lemon kaya akan vitamin C yang mampu bertindak sebagai pencahar alami.

4. Kopi
Kopi mampu memicu sistem pencernaan untuk bekerja terutama untuk merangsang pergerakan usus.

Hal ini berkat kandungan kafein dan segala senyawa aktif pada kopi. Namun dietisien Kim Kulp menyebut tak hanya kopi berkafein yang mampu melakukannya, tapi juga kopi tanpa kafein.

5. Teh asli dan jahe segar
Teh asli seperti jenis teh hitam dan hijau mengandung ribuan senyawa bioaktif seperti asam amino, lignin, protein, xantin dan flavonoid. Melansir dari Eat This, Not That!, minuman teh membawa manfaat buat tubuh termasuk memperlancar buang air besar.

Jika Anda kurang bisa minum kopi karena kafeinnya terlalu tinggi, coba saja teh hitam plus potongan jahe segar. Teh hitam mengandung kafein tapi kadarnya lebih ringan. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami