search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Profil Maarten Paes, Andalan Baru di Bawah Mistar Timnas Indonesia
Senin, 19 Agustus 2024, 11:00 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Profil Maarten Paes, Andalan Baru di Bawah Mistar Timnas Indonesia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Maarten Paes akan jadi andalan baru Timnas Indonesia di posisi penjaga gawang. Berikut profil Maarten Paes.

Paes telah resmi bisa membela Timnas Indonesia usai PSSI berhasil memenangkan sidang banding di FIFA. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui Instagram pribadinya, Minggu (18/8).

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," tulis Erick Thohir di Instagram pribadinya, Minggu (18/8).

Dengan rampungnya proses ini, Paes tidak lagi memiki ganjalan untuk bisa membela Timnas Indonesia. Namanya bakal dipastikan masuk dalam daftar panggilan pelatih Shin Tae Yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 jika dalam kondisi fit.

Paes akan menggeser posisi Ernando Ari Sutaryadi yang mampu tampil solid di bawah mistar jika dimainkan oleh STY.

Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Kini Paes sedang meniti karier di klub FC Dallas yang berkompetisi di liga sepak bola Amerika Serikat atau Major League Soccer (MLS).

Kiprah sebagai kiper sudah dijalani Paes sejak bergabung dengan akademi VV Union yang kemudian bergabung ke NEC Nijmegen pada 2012.

Bersama Nijmegen, Paes menembus ke tim U-17 dan U-19. Pada 2018, Paes masuk tim senior pada usia 18 tahun.

FC Utrecht lantas merekrut Paes dengan memberi kontrak berdurasi empat tahun pada 2018. Ia mencatat debut di level teratas liga Belanda pada 19 Agustus 2018 saat melawan PEC Zwolle.

Selama di tim utama Utrecht, Paes mencatat 48 penampilan di semua kompetisi dengan rincian menit bermain 4.264 menit. Dari jumlah pertandingan itu, Paes kebobolan 63 kali dan 12 kali menggoreskan clean sheet.

Di level internasional, Paes pernah membela timnas Belanda U-19 di Euro U-19 2016 dan 2017. Kemudian Maarten Paes sempat berseragam kelompok umur U-20 dan U-21 untuk negara asalnya.

Paes memiliki darah Merah Putih dari sang nenek yang lahir di kota Pare, Kediri, Jawa Timur. (sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami