search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Timnas Indonesia: Alasan Maarten Paes Absen Lawan Arab Saudi
Kamis, 22 Agustus 2024, 13:40 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Timnas Indonesia: Alasan Maarten Paes Absen Lawan Arab Saudi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Maarten Paes yang dipastikan sudah sah dan bisa membela Timnas Indonesia tidak dapat berlaga melawan Arab Saudi dalam laga fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan melawan Arab Saudi merupakan laga pertama Timnas Indonesia pada fase lanjutan menuju Piala Dunia yang akan dilaksanakan di Amerika Utara pada dua tahun lagi.

Laga tersebut akan berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, pada 5 September.

Merujuk pada aturan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), pendaftaran pemain untuk pertandingan tersebut sudah harus dilakukan sebulan sebelum pertandingan.

"Di sini ada peraturan AFC, AFC mengatakan bahwa kita harus mendaftarkan pemain untuk match pertama, match pertama kita kan lawan Arab Saudi, tanggal 5 Agustus," ucap Arya dalam akun YouTube resminya, Rabu (21/8).

Peraturan AFC itulah yang menjadi alasan Maarten Paes absen lawan Arab Saudi. Pasalnya penjaga gawang kelahiran Belanda itu baru disahkan bisa membela Indonesia pada 18 Agustus 2024.

"Sementara kemarin prosesnya [di FIFA soal Paes] baru selesai kemarin tanggal 18 Agustus, jadi Maarten Paes belum bisa main untuk melawan Arab Saudi," ujar Arya.

Arya kemudian memastikan Maarten Paes baru bisa didaftarkan dan memperkuat Timnas Indonesia saat melawan Australia pada pertandingan kedua Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 10 September.

"Kapan [Paes] bisa main? Peraturan AFC berikutnya bahwa untuk match 2 dan sampai match 10 di round 3, itu pendaftaran pemain tujuh hari sebelum pertandingan. Kita kan lawan Australia tanggal 10 September, berarti batasnya tanggal 3 September."

"Jadi Maarten Paes kan sudah selesai [proses] kan, berarti kita sudah daftar sejak kemarin kan, berarti udah bisa nih Maarten Paes main untuk lawan Australia karena batas waktu tadi," ucap Arya.

PSSI lewat pernyataan resmi, 18 Agustus lalu, menyatakan FIFA sudah memberi izin kepada Maarten Paes untuk memperkuat Timnas Indonesia setelah polemik kepindahan federasi.

Timnas Indonesia berada di Grup C putaran Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami