search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Dimakan Mentah, Bisa Jadi Racun
Senin, 2 September 2024, 14:09 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/5 Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Dimakan Mentah, Bisa Jadi Racun

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beberapa sajian kuliner sering dinikmati dalam keadaan mentah. Namun nyatanya, ada makanan-makanan yang sebenarnya tidak boleh dimakan mentah.

Mungkin Anda sering menjumpai sayuran yang kerap dimakan mentah sebagai lalapan seperti timun dan selada. Di restoran Jepang, ikan salmon dan tuna juga umum disajikan mentah.

Meski demikian, tak semua makanan bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Hal ini karena bisa menimbulkan efek yang bahaya untuk kesehatan.

Lantas apa saja makanan yang tidak boleh dimakan mentah?

1. Susu
Susu mungkin tidak masuk dalam daftar makanan, tapi susu adalah minuman yang sering sekali dikonsumsi orang. Melansir Real Simple, Anda dilarang keras mengonsumsi susu dalam keadaan mentah.

Susu mentah tentu mengandung banyak bakteri. Mulai dari E.coli, salmonella, listeria, hingga camplobacter yang berbahaya untuk kesehatan. Pasteurisasi pada susu bisa menghilangkan semua bakteri ini dan membuatnya lebih aman dikonsumsi.

2. Singkong
Beberapa masyarakat di daerah mungkin tidak asing dengan konsumsi singkong mentah. Bahkan ada yang menjadikan singkong mentah sebagai campuran rujak atau petis hingga cocolan sambal.

Ternyata kebiasaan ini berbahaya. Pasalnya, singkong mentah mengandung sianida yang berbahaya untuk kesehatan. Sebaiknya, masak dulu sebelum dimakan.

3. Oyster
Akhir-akhir ini makan oyster mentah tengah jadi tren di media sosial. Harganya di beberapa restoran juga tidak kaleng-kaleng, bahkan ada yang sampai jutaan.

Melansir Bussiner Insider, makan oysters mentah jstru berbahaya. Hal ini bisa menyebabkan permasalahan pada imunitas, ibu hamil, dan anak-anak. Jadi lebih baik hindari makanan ini dalam keadaan mentah.

4. Adonan kue
Adonan kue ternyata tidak boleh dimakan mentah. Alasannya, adonan ini bisa saja mengandung berbagai bakteri, terutama bakteri E.coli yang berbahaya untuk kesehatan.

5. Terong
Makanan ini sering dijadikan cocolan untuk sambal. Sering juga ditemukan di beberapa restoran Sunda. Tapi ternyata terong tidak boleh dimakan mentah alasannya solanine yang bisa membahayakan kesehatan terkandung di terong mentah. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami