search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menparekraf Sandiaga Uno Respons Pesta Kembang Api Beach Club saat Upacara Keagamaan
Jumat, 18 Oktober 2024, 14:09 WITA Follow
image

beritabali/ist/Menparekraf Sandiaga Uno Respons Pesta Kembang Api Beach Club saat Upacara Keagamaan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan keprihatinannya terkait tindakan salah satu beach club yang menggelar pesta kembang api saat umat Hindu tengah melaksanakan upacara keagamaan di Pantai Berawa, Badung. 

Pernyataan ini disampaikan saat kunjungannya ke Bali pada Kamis, 17 Oktober 2024. Sandiaga menekankan pentingnya mengembangkan pariwisata yang berbasis budaya dan bermartabat, serta menjaga adat istiadat dan kearifan lokal. 

"Kita harus menghargai seluruh rangkaian kegiatan keagamaan yang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari pariwisata di Bali," ungkapnya.

Menparekraf juga menyampaikan bahwa kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali, masyarakat adat, dan pecalang perlu ditingkatkan untuk melakukan sosialisasi yang lebih baik. 

"Event-event yang diadakan tentunya ingin meriah, tetapi harus memiliki komitmen untuk berkearifan, menjaga perasaan, serta menghormati keutuhan dan toleransi keberagaman," tambahnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menyoroti tren beach club yang semakin menjamur di Bali dan Jakarta. Ia menjelaskan, meski atraksi kembang api mungkin diterima di Jakarta, Bali memiliki kekhasan dan nilai budaya yang harus dihormati. 

"Bali adalah pelopor dan trendsetter. Di sini, kita harus menyesuaikan dengan kondisi lokal, terutama saat hari-hari baik bagi umat Hindu," pungkasnya.

Kritikan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran semua pihak untuk lebih menghormati budaya dan tradisi lokal, serta menjaga harmoni dalam berwisata di Bali.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami