search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tingkatkan Daya Saing Dengan SDM Berkualitas
Senin, 3 September 2007, 15:44 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Menghadapi persaingan dibidang pengelolaan ekonomi moneter, koperasi harus didorong untuk memainkan peran dalam pengentasan kesenjangan ekonomi masyarakat.

 

Salah satu upaya peningkatan daya saing ini adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber daya manusia (SDM) pengelola Koperasi.Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Kota Denpasar Drs. AA. Rai Iswara, MSi. ketika membuka Diklat manajemen pengelola Koperasi se-Kota Denpasar, Senin (3/9) di hotel Puri Kedaton.

Dikatakan pengembangan usaha melalui koperasi dengan anggota yang produktif akan mampu memperkokoh perekonomian nasional, karena rakyat kecil diberi peran aktif dan peluang untuk tumbuh dan berkembang.Menurut Mantan Kadis Sosial ini, tumbuh dan berkembangnya koperasi membutuhkan kualitas SDM yang memadai dengan pengetahuan tentang manajemen pengelolaan koperasi.

Sehingga, nantinya mampu mandiri dalam memecahkan berbagai persoalan yang terkait dengan pengembangan koperasi itu sendiri. Diakui bahwa sektor koperasi terbukti mampu menggerakkan perekonomian rakyat, karena koperasi merupakan soko guru perekonomian negara.“ Ditengah krisis yang melanda bangsa, kehidupan koperasi yang bergelut disektor ekonomi tetap mampu hidup dan berkembang dalam menopang perekonomian masyarakat, dan ini harus terus ditingkatkan,

” kata Rai Iswara seraya mengatakan bahwa koperasi merupakan tulang punggung dalam menggalakkan ekonomi kerakyatan di Kota Denpasar.Selebihnya dia mengatakan untuk menciptakan koperasi yang tangguh diperlukan konsep tri sehat yakni, sehat mental, sehat organisasi dan sehat usaha.

Saat ini kata Rai Iswara di Kota Denpasar terdapat 592 Koperasi, dan hampir 90 persen tergolong koperasi dengan usaha, dan hanya sekitar 10 persen yang perlu ditingkatkan manajemen pengelolaannya.

 

Sementara itu Kasubdin Bina Usaha Koperasi Dinas Koperasi Kota Denpasar Drs. Tri Sudirman mengatakan diklat menajemen pengelolaan koperasi akan berlangsung sampai tanggal 7 september mendatang diikuti 30 orang peserta.
Selama diklat kata Tri Sudirman, peserta akan diberi materi meliputi manajemen pengelolaan koperasi, permodalan, akuntansi, pengendalian kredit dan penyusunan laporan keuangan. 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami