search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Peserta Kagumi Sapi Gerumbungan
Jumat, 28 September 2007, 09:12 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Kesenian asli Bali Utara berupa Sapi Gerumbungan mendapat perhatian yang sangat luar biasa bagi Peserta Sail Indonesia North Bali 2007. Bahkan, setelah dilakukan atraksi oleh Sekaa Sapi Gerumbungan Putra Gembala Desa Kaliasem, para peserta ingin mencoba menaiki dan beraktraksi ditengah Lumpur di kawasan Persawahan di Dusun Lebah, Desa Kaliasem.

 

Grage dari Inggris mengaku sangat senang bisa menikmati pengalaman pertamanya menaiki Sapi Gerumbungan ditengah persawahan. Namun, Grage berharap dalam ajang Sail Indonesia, ajang Sapi Gerumbungan bisa dikhususkan untuk perempuan dan anak-anak. ” Ini pengalaman pertama saya naik sapi gerumbungan yang tidak ada di negara saya, ” ungkapnya dengan Bahasa Inggris.

Marlin dari Australia juga mengaku gembira dengan penampilan Sapi Gerumbungan yang dinilainya sangat luar biasa dan dinegaranya tidak bisa ditemukan hal tradisional seperti itu. “ Very very wonderfull, ” ucapnya.

Grage dan Marlin juga berharap dalam ajang Sail Indonesia North Bali yang akan datang, pagelaran Sapi Gerumbungan dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati khusus untuk perempuan dan anak-anak.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Puja Erawan mengatakan, pagelaran Sapi Gerumbungan yang dirangkaikan dengan beberapa kegiatan pertanian tersebut merupakan acara tahunan yang sekaligus dikemas dalam kegiatan Sail Indonesia.

“ Selama dia tinggal di Buleleng, selama sepuluh hari ini kita kaitkan dengan kegiatan pertanian.

 

Bagi tamu-tamu sangat senang melihat keterlibatan masyarakat dengan pemerintah mengemas kegiatan Sapi Gerumbungan tersebut, ” papar Puja Erawan.
Memanfaatkan waktu yang tersisa untuk peserta Sail Indonesia 2007, Disbudpar Buleleng telah merancang berbagai kegiatan yang dikemas dalam bentuk tour ke beberapa desa tua di Buleleng, Puri Buleleng serta ke sejumlah lokasi kerajinan tradisional yang ada di Bali Utara. (sas)

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami