search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Umat Muslim Sholat Jumat Saat Nyepi
Jumat, 7 Maret 2008, 13:12 WITA Follow
image

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hari raya Nyepi tahun ini bertepatan dengan pelaksanaan sholat Jumat. Di Denpasar Bali, umat muslim tetap melaksanakan sholat Jumat tanpa mengganggu kekhusukan perayaan hari raya Nyepi umat Hindu.

Salah satu lokasi yang menjadi tempat warga Muslim melakukan sholat Jumat adalah Mushola Baitul Mu’minin di Desa Panjer Denpasar. Ketika waktu shoalt Jumat tiba, puluhan umat muslim yang tinggal di wilayah Desa Panjer datang ke tempat ini untuk melakukan sholat.

Berbeda dengan hari biasanya, saat Nyepi umat muslim datang ke tempat ini tanpa menggunakan sepeda motor. Di dalam mushola juga tidak menggunakan pengeras suara. Meski mendapat kebebasan dari pihak Desa Pakraman Panjer untuk melakukan sholat Jumat di saat Nyepi, warga muslim yang datang ke tempat ini tampak tertib. Mereka tampak melakukan sholat Jumat dengan tidak mengganggu kekhusukan perayaan hari raya Nyepi umat Hindu.

 

“Pelaksanaan sholat Jumat tepat di hari raya Nyepi ini sebelumnya sudah diatur dalam kesepakatan antara 5 agama yang ada di Bali. Meski diberi kebebasan untuk menjalankan sholat Jumat, umat Muslim dan juga umat lainnya diminta untuk ikut menjaga ketertiban selama Nyepi dan menjunjung tinggi toleransi antara umat beragama di Bali,” jelas Bendesa Pakraman Panjer, Nyoman Budiana.

Tahun ini umat Hindu di Bali merayakan Nyepi tahun baru Caka 1930, dengan melaksanakan Catur Brata Penyepian. Catur Brata (pantangan) Penyepian ini antara lain Amati Lelungan (tidak boleh bepergian ke luar rumah), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang).

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami