search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ketum Diharapkan Mampu Persatukan Pemuda
Jumat, 31 Oktober 2008, 14:41 WITA Follow
image

ilustrasi/google

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Sejumlah ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) yang mengikuti kongres ke-12 mengharapkan ketua umum yang terpilih untuk dapat mempersatukan pemuda guna kemajuan bangsa.

 

Ketua DPD Nusa Tenggara Barat, Ir Lalu Winengan, MD di Denpasar, Jumat (31/10) mengatakan, untuk menjadi pemimpin hendaknya mengutamakan persatuan di kalangan pemuda demi tegaknya NKRI yang belakangan ini mengalami suatu cobaan berat, seperti ada keinginan sejumlah daerah untuk mendapatkan otonomi khusus atau merdeka sendiri.

"Menjadi Ketua Umum KNPI harus mengedepankan kepentingan pemuda, tidak hanya memperhatikan kepentingan golongan atau asal OKP tempat mereka berhimpun," katanya.

Ia mengajak Ketum OKP dan Ketua DPD se-Indonesia dalam pemilihan yang akan berlangsung pada sesi sidang pemilihan ketum untuk memilih pimpinan yang cerdas dan berwawasan serta mampu mempersatukan organisasi yang berhimpun di KNPI.

"Kami harapkan pemilihan ketum KNPI periode 2008-2011 secara demokratis, dan mengindari 'money politic', karena tindakan itu hanya menguntungkan sesaat dan mengorbankan kepentingan yang lebih besar demi kemajuan bangsa," ucapnya.

Begitu juga, Ketum yang terpilih harus memiliki komitmen yang jelas untuk memajukan dan mempersatukan pemuda. Lebih dari itu loyalitas terhadap organisasi untuk mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa KNPI itu adalah organisasi independen.

 

"Salah satu syarat selama menjabat Ketum KNPI tidak terlibat dan aktif di partai politik. Dengan sikap itu seorang ketum KNPI akan dipercaya sikap kenetralitasannya di masyarakat," kata ucapnya.

Kendati sidang komisi yang membahas anggaran dasar / anggaran rumah tangga (AD/ART) serta program kerja sedang berlangsung, namun kandidat Ketum KNPI yang sudah jauh-jauh hari berkampanye dengan memasang baliho dan spanduk berukuran besar itu mulai bergerilya mencari dukungan dalam pemilihan yang direncanakan pemilihannya Sabtu (1/11).

Kelima kandidat yang akan memperebutkan kursi ketum DPP KNPI, yakni Eny M Saragih, Munawar Fuad, Aziz Syamsudin, Gunawan Hidayat dan A Riza Patria. 

Reporter: bbn/art



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami