search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jero Wacik Dikeluhkan Langkanya Kayu Patung
Selasa, 10 Maret 2009, 17:42 WITA Follow
image

images.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

patungMenteri Kebudayaan Pariwisata Republik Indonesia, Jero Wacik disambut keluhan langkanya kayu patung. Hal ini terungkap ketika Menteri dari Kintamani, Bangli ini mengukuhkan Himpunan Seniman Desa Mas Grhaya Krya Kencana di Wantilan Pura Taman Pule, Mas, Ubud, Selasa (10/3).

Selain Menteri, keluhan warga juga disampaikan langsung ke Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang kebetulan hadir saat itu.

“ Kami sebagai warga Mas, dimana 100 persen mengandalkan matung untuk hidup sangat mengharapkan pemerintah pusat membantu mengatasi kelangkaan kayu patung, “ kata Bendesa Pemkraman Mas, I Wayan Muka.

Bukan hanya soal kayu patung yang dikeluhkan, warga juga mengeluhkan soal pemodalan. Diharapkan, pemerintah bisa membantu dalam permodalan dan promosi, termasuk pendidikan soal managemen yang profesional. Sehingga kedepan para seniman kayu tetap eksis. “ Kami berharap pemerintah bisa memberikan pendidikan soal managemen yang professional, “ ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi masalah ini, Bupati Gianyar, Tjokorda Artha Ardana Sukawati dengan tenang menjawab, pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan pemerintah Pusat, karena berdasarkan informasi, pihaknya mendengar ada akar kayu yang begitu banyak dibuang di Kalimantan.

“Mudah-mudahan, masalah ini segera bisa kita atasi, dan kayu Kalimantan yang terbuang bisa kita ambil melalui bantuan Pemerintah pusat, “ ucap pria yang baru saja terpilih kembali menjadi Ketua PHRI Bali ini.

Bukan hanya masalah kayu yang disinggung Bupati yang tinggal di Puri Sakti, Ubud ini, pihaknya juga menyinggung soal dana promosi. “ Mudah-mudahan, dana promosi yang disisihkan oleh Gubernur Bali untuk promosi pariwisata menyentuh promosi soal keberadaan Desa Mas, “ jelasnya disambut aplus sambut tangan meriah warga.


Disisi lain, Menteri Jero Wacik menanggapi keluhan warga ini, dirinya mengaku bakal siap bekerja untuk menyelesaikan masalah kayu yang menimpa warga Mas. “ saya harap Ketua Himpunan Seniman serta Bupati mencari tahu dimana Kayu di Kalimantan yang terbuang percuma, saya akan telpon Menteri Kehutanan untuk membantu memfasilitasi pengambilan kayu yang terbuang tersebut, “ jelasnya. 

Reporter: bbn/art



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami