search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jumlah Penduduk Miskin Perkotaan di Bali Alami Peningkatan
Jumat, 20 Juli 2012, 22:31 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hasil evaluasi pemerintah provinsi Bali menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin perkotaan di Bali mengalami peningkatan. Pada 2010 jumlah penduduk miskin di perkotaan di Bali mencapai lebih dari 83.000 orang dan penduduk miskin pendesaan mencapai lebih dari 91.000 orang.

Sedangkan pada 2011 jumlah penduduk miskin perkotaan di Bali menjadi 92.000 orang dan penduduk miskin pedesaan turun menjadi 73.000 orang. Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Bali Ketut Teneng menyatakan meningkatnya jumlah kemiskinan perkotaan terjadi karena terjadinya urbanisasi. Dimana masyarakat miskin desa mencoba mengadu nasib ke daerah perkotaan dengan alasan peningkatan taraf ekonomi.

“Perpindahan penduduk yang signifikan di kota-kota besar, disana tentu akan menjadi persoalan. Ada juga persoalan perumahan, sanitasi, dan kemacetan karena mobilitas yang tinggi dan jumlah penduduk banyak juga persaingan kurang bagus,” kata Ketut Teneng. Ketut Teneng menyampaikan dengan adanya pengembangan program sistem pertanian terintegrasi (simantri) kedepan diharapkan urbanisasi penduduk miskin desa ke kota dapat tertanggulangi.

 

Sebab, dengan program simantri penghasilan masyarakat desa melalui mata pencaharian sebagai petani dapat ditingkatkan.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami