search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PLTS Pertama di Bali Diresmikan di Kubu
Senin, 25 Februari 2013, 22:17 WITA Follow
image

energitoday.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) senilai Rp 26 miliar, Senin (25/2/2013) diresmikan di daerah Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Pembangunan PLTS ini merupakan yang pertama kali di Bali.

Peresmian pengoperasian PLTS 1 MWp On-Grid ini dilakukan dengan penekanan tombol sirine yang menandai beroperasinya PLTS secara interkoneksi ke Jaringan milik PT PLN (Persero). Dalam peresmian ini, Menteri ESDM Jero Wacik didampingi Gubernur Bali, Direktur Jenderal EBTKE, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Direktur Utama PT PLN (Persero), Bupati Karangasem.

Masing-masing PLTS 1 MWp terinterkoneksi dengan jaringan PLN tersebut akan menghasilkan listrik sebesar 2.880.080,00 KWh, dengan masa operasi 20 tahun. PLTS ini juga sebagai upaya untuk menurunkan  emisi CO2 sebesar 2.566 Ton CO2.

"Ini merupakan PLTS pertama, ini untuk sementara yang terbesar di Indonesia. Tahun depan kita akan bangun lagi PLTS dengan daya listrik yang lebih besar lagi," jelas Jero Wacik, usai meresmikan PLTS di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Senin (25/2/2013). Wacik menambahkan, PLTS di Kubu Karangasem di atas lahan 1,70 hektar ini menjadi proyek percontohan penggunakan tenaga matahari sebagai salah satu alternatif terbaik saat ini dan masa depan.

 

"Sumber listrik tenaga surya tidak terbatas jumlahnya,"ujarnya. Pembangunan PLTS yang pertama di Bali ini, akan memenuhi kebutuhan masyarakat Karangasem dan sekitarnya. 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami