search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Indonesia Terus Kembangkan PLTS Seperti di Bali
Kamis, 13 Juni 2013, 21:01 WITA Follow
image

google/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Dengan menipisnya minyak bumi membuat pemerintah putar otak dengan mengembangkan sumber energi alternatif seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Jro Wacik menyatakan pengembangan energi alternatif telah di ujicobakan di 2 PLTS di Bali yakni di Kabupaten Bangli dan Karangasem, serta satu PLTS di Pulau Sumbawa NTB. Pembangunan ketiga PLTS tersebut, kata Wacik menghabiskan lahan masing-masing seluas 1,2 hektar dengan investasi sekira Rp 22 miliar.

"Pembangkit energi alternatif tersebut bisa menghasilkan tenaga listrik mencapai  1 megawatt. "Ke depan kami mengharapkan PLTS ini bisa menjadi percontohan," ujar
Wacik, dihadapan ratusan peserta forum pemred di BNDCC Nusa Dua, Bali, Kamis (13/6/2013).

Wacik menuturkan, Indonesia akan terus mengurangi ketergantungan terhadap minyak sehingga diversifikai sumber energi menjadi sangat penting.

"Produksi minyak di Indonesia terus mengalami penurunan dari 1,5 juta per barel, kini tinggal 900 ribu barel. Sementara kebutuhan akan  minyak terus mengalami peningkatan dari  800 ribu sehari menjadi 1,5 juta," jelasnya.

 


 
Melihat kondisi itu,Wacik berharap secara bertahap namun pasti, Indonesia harus bisa mengubah  ketergantungan terhadap energi minyak. "Saya minta semua pihak untuk memulai memikirkan untuk pengembangan energi-energi lain, khususnya energi baru yang terbarukan," pintanya. 
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami