search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia Kecewa Obama Batal ke Bali
Sabtu, 5 Oktober 2013, 16:05 WITA Follow
image

inilah.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Beritabali.com, Moskow. Pusat pemerintahan Rusia, Kremlin, menyuarakan kekecewaannya pada Jumat (4/10/2013) atas pembatalan kunjungan Presiden AS Barack Obama ke KTT APEC di Bali pekan ini.

Tadinya Obama menyatakan tetap datang ke KTT APEC, meskipun batal ke Malaysia. Bahkan Obama sudah dijadwalkan akan meninggalkan Bali pada Sabtu (5/10/2013) untuk menghadiri KTT Asia Timur di Brunei, tulis RIA Novosti, Jumat (4/10/2013).

Padahal Presiden Vladimir Putin sudah menyediakan waktu bertatap muka dengan Obama di Bali, namun jadwal pertemuan itu dengan sendirinya batal karena Obama masih berkutat dengan urusan “government shutdown” di Amerika Serikat.

Obama tetap tinggal di Washington setelah Kongres AS tak sepakat dengan anggaran belanja yang diajukan pemerintah Obama untuk menjalankan roda pemerintahan yang mulai berlaku pada 1 Oktober. Pemerintah terpaksa menutup sebagian kantor-kantor dan layanan-layanan publik (government shut down) untuk waktu yang tidak ditentukan.

Republiken ingin rancangan undang-undang anggaran belanja ini diganjal supaya undang-undang kesehatan yang baru yang sudah disahkan DPR (House of Representative), dikenal sebagai Obamacare, mejan tak bisa dilaksanakan pada Selasa kemarin.

Juru bicara Presiden Putin, Dmitry Peskov mengatakan, “sangat disesali pertemuan ini tidak terjadi, padahal hubungan bilateral kedua negara sedang di tidak bagus dan perlu dilakukan dialog berkelanjutan.”

“Tetapi kita paham situasi yang berkembang di AS sekarang,”ujar Peskov. “Kita berharap situasi ini bisa diatasi,” tambahnya.

Obama digantikan Menlu John F.Kerry yang kemungkinan besar kembali bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Obama membatalkan rencana pertemuan “one-on-one”, alias empat mata, dengan Putin pada KTT G20 di St.Petersburg, Rusia, September kemarin. Pertemuan empat mata ini diharapkan memecahkan hubungan AS-Rusia yang mulai dingin, seperti awal Perang Dingin dulu. [bbn/inilah.com]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami