search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puluhan Ibu Hamil di Buleleng Terjangkit HIV
Rabu, 19 November 2014, 18:22 WITA Follow
image

bbn/ist/net

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Buleleng mengidentifikasi sedikitnya 20 ibu hamil positif terjangkit HIV. Mereka tersebar di Kecamatan Sawan, Kecamatan Buleleng, Kecamatan Banjar, dan Kecamatan Seririt.

Ketua KPAD Kabupaten Buleleng I Nyoman Sutjidra, Selasa (18/11/2014), di sela-sela sosialisasi HIV Aids di Gedung MR Ketut Pudja mengatakan,  ibu hamil itu, kini dalam pantauan khusus relawan dan KPAD Buleleng. 

“Kondisi kehamilan mereka dicek secara berkala, dan diberikan perawatan khusus, dengan harapan bayi yang mereka lahirkan tidak terjangkit HIV Aids, Mengingat pencegahan penularan melalui proses kelahiran, dapat dilakukan,” papar Sutjidra.

Berdasarkan data-data yang ada, para Ibu hamil terjangkit virus HIV itu tertular dari suaminya, yang melakukan hubungan seksual beresiko. 

“Lebih dari separuhnya sekarang berstatus kepala keluarga, dan single parent. Mereka itu tertular dari suaminya,” ujar Sutjidra.

Sementara, KPAD Buleleng dalam sosialisasi HIV Aids melibatkan Kelian Desa Pakraman se-Kabupaten Buleleng.

Diharapkan ini mampu mengurangi stigma negatif terhadap orang dengan HIV Aids (ODHA), termasuk memberikan perlakuan yang layak, apabila ada ODHA  yang meninggal dunia.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami