search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Asteroid Sebesar Lapangan Bola Mendekati Bumi
Minggu, 25 Januari 2015, 08:27 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/inilah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Asteroid seukuran lapangan sepakbola dikabarkan akan mendekati bumi dan diperkirakan lewat di atas kepala miliaran umat manusia, Senin (26/1/2015), serta bisa dilihat dengan teropong.

Asteroid akan bisa dilihat dengan teropong pada pukul 23:07. Ini fenomena alam yang langka, karena asteroid sebesar ini diramalkan baru akan mendekati bumi lagi tahun 2027.

Asteroid 2004 BL86 akan berada pada titik terdekat dengan bumi, yaitu 1,2 juta kilometer -- sekitar tiga kali jarak Bumi ke bulan. Para pakar memperkirakan diameter asteroid 0,5 kilometer dan masuk klasifikasi berbahaya.

Sebuah benda antariksa dianggap berpotensi berbahaya jika melintasi orbit bumi pada jarak kurang dari 0,05 AU, atau 19,5 jarak Bumi ke bulan, dan jika berdiameter melebihi 100 sampai 150 meter.

Obyek sebesar ini cukup luar biasa untuk menyebabkan kerusakan yang pernah terjadi sebelumnya. Jika jatuh ke laut akan menimbulkan tsunami.

Don Yomans, dari Program Obyek Dekat Bumi di Laboratorium NASA, mengatakan meski tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi, ini adalah pendekatan asteroid yang relatif besar dan memberi kesempatan umat manusia untuk belajar lebih banyak. Yomans mengatakan asteroid sebesar ini diperkirakan akan kembali terlihat dari bumi pada tahun 2027.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami