search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Australia Imbau Warganya Waspada Zika di Indonesia
Selasa, 21 Juni 2016, 21:05 WITA Follow
image

bbn/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Canberra. Australia telah mengeluarkan travel warning yang mendesak warganya untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk saat bepergian ke Indonesia, terkait kekhawatiran virus Zika.
 
Dalam imbauan kesehatan terbaru, pihak berwenang di Canberra mengatakan bahwa Indonesia sedang mengalami transmisi sporadis virus Zika yang dibawa oleh nyamuk.
 
"Kami terus menyarankan semua wisatawan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk," kata penasihat pemerintah seperti dikutip Channel News Asia.
"Mengingat kemungkinan bahwa virus Zika dapat menyebabkan malformasi berat pada bayi yang belum lahir, dan mengambil pendekatan yang sangat hati-hati, wanita hamil harus mendiskusikan rencana perjalanan apapun dengan dokter perjalanan mereka dan mempertimbangkan menunda perjalanan ke Indonesia," ungkapnya.
 
Virus Zika dapat menyerang sel-sel otak janin dan menyebabkan mukrosefali atau cacat lahir yang ditandai dengan ukuran kepala kecil dan otak terbelakang.
 
Hubungan antara Zika dan mikrosefali terungkap pada akhir 2015 di Brasil, yang telah mengonfirmasi lebih dari 1.400 kasus mikrosefali dianggap terkait dengan infeksi Zika pada ibu yang mengandung.
 
Di Indonesia kasus Zika pertama kali didiagnosis pada Januari, ketika seorang pria 27 tahun di Sumatera dinyatakan positif terjangkit.
 
Awal bulan ini, seorang pelaut 22 tahun dari Jawa Timur dilaporkan tiba di Taiwan dengan gejala termasuk demam dan mata merah. Ia kemudian didiagnosis dengan Zika.[bbn/inilah/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami