search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sleman Targetkan 315 Ribu Wisatawan Selama Libur Lebaran
Selasa, 28 Juni 2016, 16:05 WITA Follow
image

beritabali.com/psk

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Sleman. Selama libur lebaran tahun 2016 yang akan dicatat selama 9 (sembilan) hari mulai tanggal 2 hingga 10 Juli 2016 mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan sebanyak 315 ribu wisatawan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Sleman. 
 
Angka tersebut diprediksikan berdasarkan trend kunjungan pada libur lebaran selama tiga tahun terakhir. Diharapkan target tersebut dapat tercapai pada tahun ini.Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, di kantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman, Selasa 28 Juni 2016.
 
Pada tahun 2013 wisatawan yang berkunjung saat libur lebaran tercatat sebanyak 145.718 wisatawan dalam kurun waktu selama 9 (sembilan) hari, tahun 2014 sebanyak 239.971 wisatawan dalam kurun waktu 9 (sembilan) hari dan pada tahun 2015 sebanyak 201.484 wisatawan dalam kurun waktu 6 (enam) hari. Dan untuk libur lebaran tahun 2016 ini ditargetkan sebanyak 315 ribu wisatawan dalam kurun waktu 9 (sembilan) hari mulai tanggal 2 hingga 10 Juli 2016.
 
Ayu menambahkan bahwa pencatatan jumlah wisatawan tersebut dilakukan dibeberapa destinasi wisata Sleman yang meliputi obyek wisata alam, candi, museum, volcano tour dan desa wisata. Sehubungan dengan target 315 ribu wisatawan yang ditetapkan pada libur lebaran tahun ini diharapkan kesiapan destinasi, akomodasi hotel dan desa wisata akan dapat mendukung pencapaian target tersebut. Oleh karenanya diharapkan pelayanan kepada wisatawan agar lebih dikedepankan.
Adapun destinasi wisata Sleman yang diunggulkan selama musim liburan diantaranya kawasan wisata Kaliurang yang meliputi Tlogo Putri, Taman Rekreasi Anak, Gardu Pandang Kaliurang, Museum Ullen Sentalu. Selain itu Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Monjali, Museum Dirgantara Mandala, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, serta desa-desa wisata. Bahkan keberadaan destinasi baru yaitu Agrowisata Bhumi Merapi, Sindu Kusuma Edupark dan Jogja Bay Water Park dipastikan akan mendukung pencapaian target tersebut.
 
Berbagai kesiapan untuk menyambut wisatawan telah dilakukan. Diantaranya adalah Agrowisata Bhumi Merapi yang menawarkan taman satwa diantaranya kambing, kelinci, ular, reptil, kura-kura dan taman herbal. Selain itu juga menawarkan wisata alam susur Goa Panggolo serta susur Kali Kuning.  Sindu Kusuma Edupark (SKE) menawarkan aneka permainan anak dan keluarga, Jogja Bay Water Park menawarkan aneka wahana permainan air.
 
Destinasi baru Taman Tebing Breksi juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan yang berupa tebing alam dengan view lingkungan yang alami, desa wisata Grogol menawarkan river tubing, belajar membatik, belajar gamelan, menumbuk padi dan wisata edukasi reptil, desa wisata Gamplong dengan wisata belanja produk-produk ATBM dan barang kerajinan tas rajut dan aneka souvenir, desa wisata Tanjung menawarkan paket menginap dan pengalungan sapi dengan ketupat lebaran, Omah Domes dengan pertunjukan ronda thek-thek dan badut teletubies. Selain itu di Candi Prambanan dan Ratu Boko juga diagendakan pertunjukan aneka kesenian tradisional selama libur lebaran.[bbn/rls/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami