search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bandara Baru di Buleleng Dipastikan di Kubutambahan
Rabu, 28 September 2016, 19:05 WITA Follow
image

beritabalicom

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Bandara baru di Buleleng dipastikan akan dibangun di wilayah Kubutambahan. Pembangunan bandara di Bali utara ini akan dimulai 2017, diperkirakan akan memakan waktu pembangunan hingga 10 hingga 15 tahun.
 
Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT BIBU Panji Sakti, I Made Mangku, di Denpasar (28/9/2016).
 
Made Mangku menyatakan, saat ini pihak investor sudah siap 100 persen untuk membangun bandara baru di Buleleng, baik dari sisi kesiapan dana hingga hal teknis.
 
"Saat ini tinggal Penlok (penentuan lokasi) saja, kita sudah ajukan di Departemen Perhubungan, kini hanya tinggal satu syarat yang masih kurang yakni surat rekomendasi tidak memakai daratan, syarat yang lainnya sudah beres semua, tinggal bangun saja, kami targetkan 2017 sudah mulai. Perlu waktu pembangunan total 15 tahun, tapi tahun ke 10 kami pastikan sudah beroperasi,"ujar Mangku.
 
 
Meski sudah menyebut wilayah Kubutambahan, namun Mangku tidak menyebut titik lokasi pastinya dimana bandara akan dibangun.
 
"Yang jelas kita pastikan di wilayah Buleleng timur, yakni Kubutambahan. Titik lokasi pastinya nantilah, yang jelas saat ini kita sudah kantongi titik koordinat koridor untuk penerbangan yakni koridor 11 dan 14. Kalau semua syarat sudah lengkap, hanya butuh waktu 14 hari agar Penlok turun dan kemudian lanjut ground breaking,"paparnya.
 
Menurut Mangku, bandara baru di Buleleng akan dibangun di atas laut (offshore) dengan teknologi floating tercanggih. Bandara baru akan punya dua landasan untuk take off dan landing dengan panjang 3600 meter dan lebar 60 meter untuk setiap landasan atau runway. Beda dengan bandara lainnya, Bandara Buleleng akan memiliki parkir pesawat dan terminal penumpang di tengah-tengah diapit oleh dua landasan.[bbn/psk] 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami