search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Laman Wikipedia yang Paling Sering Diedit di 2016
Sabtu, 24 Desember 2016, 11:33 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Beritabali.com, San Francisco. Daftar laman Wikipedia yang paling sering diedit tahun ini sudah diluncurkan. Vincent Van Gogh, Donald Trump, dan tokoh-tokoh yang meninggal dunia sepanjang 2016, masuk dalam daftar 20 besar.
 
Wikimedia Foundation, organisasi nonprofit pengelola Wikipedia menyatakan laman-laman terkait pemilu AS juga masuk dalam daftar.
 
BACA JUGA: 
Mengutip BBC, taman Van Gogh diedit sebanyak 3.551 kali sepanjang tahun ini. Banyaknya pengeditan ini karena laman tersebut diedit oleh empat editor Wikipedia, yang memang mereka berencana membuat laman Van Gogh mendapat status 'featured,' yang berarti kualitas informasinya tinggi.
 
"Van Gogh adalah seniman yang disalahpahami, terus menerus disalahtafsirkan selama berpuluh tahun, dipelajari, dipelajari ulang, tetap saja orang-orang masih belum tahu bagaimana dia sebenarnya," ungkap salah satu editor yang menggunakan nama Modernist.
 
Figur terkenal yang wafat sepanjang tahun 2016 di antaranya adalah David Bowie, Muhammad Ali, dan Fidel Castro.
 
Di Wikipedia, laman yang merangkum figur terkenal yang wafat itu bernama 'Deaths in 2016'. Secara total laman ini sudah 18.230 kali diedit. Menjadikannya laman yang paling banyak diedit di Wikipedia.
 
"Kami juga menemukan fakta bahwa keinginan pengguna Wikipedia untuk memberikan informasi yang tak terbatas sekat waktu, membuat sejumlah topik yang muncul di luar tahun 2016, jadi sering diedit," ungkap seorang juru bicara Wikimedia Foundation.
 
BACA JUGA: 
Penulis Dan Gillmor, yang merupakan rekan dari pendiri Wikipedia, Jimmy Wales menyatakan, "Banyak orang yang mau terlibat untuk mengedit laman Wikipedia, karena mereka merasakan adanya nilai komunitas dalam Wikipedia."
 
Gillmor menambahkan meskipun situs tersebut berpotensi menyebarkan informasi yang salah, namun ia menilai orang sudah bisa melakukan cek fakta juga secara online. [bbn/idc/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami