search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
16 Putra Putri Karangasem Ikuti Lomba Nyastra Bali
Sabtu, 3 Juni 2017, 11:00 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. 16 putra dan putri perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem nampak antusias saat mengikuti lomba "nyastra" menulis aksara Bali, yang diselenggarakan dalam rangka pembukaan Pra Pesta Kesenian Bali (PKB) yang Ke-39 di stadion Padang Kerta, Jalan Veteran, Amplapura, Jumat (2/6).
 
[pilihan-redaksi]
Lomba menulis aksara Bali yang diikuti oleh delapan pasang perwakilan dari seluruh Kecamatan mengharuskan peserta memakai tinta tradisional yang berbahan dasar buah kemiri atau buah nagasari yang dibakar. Sedangkan untuk materi yang akan disalin sudah disiapkan oleh panitia lomba beserta peralatannya seperti bantal sandaran untuk menulis, dulang sebagai meja, dan daun lontar sebagai media tempat menyalin aksara Bali.
 
"Sikap duduk yang benar pada saat menulis yaitu badan harus tegak, posisi dari dulang sejajar dengan ulu hati, saat menulis harus memakai kedua tangan dan tangan juga harus lurus,” ujar Drs. I Ketut Merta salah satu dari tiga juri pada lomba tersebut.
 
Selain itu, dalam memberikan penilaian ada beberapa hal yang menjadi perhatian seperti, bentuk dan komposisi tulisan, ketepatan ejaan, kerapian dan kebersihan, cara dan sikap menulis, serta ketuntasan pada saat menyalin. 
 
"Nantinya siapapun peserta yang memndapatkan juara satu, berhak mewakili karangasem untuk lomba “nyastra” menyalin aksara Bali pada Pesta Kesenian Bali 10 juni mendatang," imbuhnya. [igs/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami