search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
HUT Kota Negara ke-122, Usung Tema "Kertaning Gumi Mekepung"
Jumat, 4 Agustus 2017, 21:54 WITA Follow
image

ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Beritabali.com, Jembrana. Event Jembrana Festival yang merupakan serangkaian kegiatan menyambut Kota Negara ke-122 kembali digelar. Pada tahun ini, J-fest II mengusung tema Kertaning Gumi Mekepung, yang berarti “ Menuju Jembrana Sejahtera”.
 
Penjelasannya, Kerta berasal dari kata Krta artinya Becik, Lestari, Degdeg, sampun sejahtera (Kamus Kawi Bali Dinas Pendidikan Dasar Provinsi Dati I Bali 1988). Ning adalah kata bantu untuk menjadikan kata benda. Sedangkan Bumi yakni Tanah, Palemahan. Bumi Makepung yakni Tanah jagat atau palemahan tempat adanya Budaya Makepung (Kabupaten Jembrana, penjelasan budayawan/kel. Baluk). 
 
[pilihan-redaksi]
Melalui tema ini sekaligus menggambarkan berbagai upaya yang tengah dirancang Pemkab Jembrana guna mewujudkan kesejahteraan masyrakatnya melalui serangkaian kebijakan, program maupun pembangunan yang tengah dijalankan.
 
Bupati I Putu Artha juga mengatakan, banyak rangkaian kegiatan tahun ini yang digagas oleh masyarakat. Antuasias peran masyrakat ini  patut diapresiasi dan dinilai positif demi pembangunan Jembrana yang lebih baik kedepannya. 
 
“Kita ingin kemeriahan hut kota negara ini bisa dinikmati semua lapisan masyrakat Jembrana , dengan mengakomodir mereka untuk turut berpartisipasi dalam agenda Jfest II. Kita juga berharap momen pelaksanaan HUT Kota Negara ini menjadi sarana berbagai kemeriahan dan kebahagiaan sekaligus intropeksi untuk pembangunan Jembrana yang lebih baik,” harapnya. 
 
Sementara Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan menambahkan kegiatan Jembrana Festival II ini sudah dipersiapkan sejak enam bulan lalu. Kembang juga mengatakan pelaksanaan Jfest II nanti akan banyak mengakomodir seniman-seniman lokal serta menggali seni budaya langka. Seperti pertunjukan wayang Jembrana, leko, berko, maupun prembon calonarang. Namun pada pelaksanaan Jfest tahun ini tetep mengundang artis nasional, kali ini dipilih D’Bagindas yang akan tampil saat malam puncak peringatan Hut Kota pada (15/8) . 
 
“Musisi nasional tetap kita libatkan guna memberikan motivasi berkarya bagi seniman lokal Jembrana, sekaligus sarana mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki kabupaten Jembrana kepada masyarakat luar," katanya. [bbn/jim]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami