search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jembatan Tukad Unda Mulai Dipasangi Pengaman
Kamis, 30 November 2017, 13:57 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Beritabali.com, Klungkung. Pasca menerima kiriman banjir lahar dingin Gunung Agung, Jembatan Tukad Unda yang menghubungkan By Pass IB Mantra di wilayah Kabupaten Klungkung, persisnya di Desa Tangkas, mulai dipasangi pengaman berupa batu bronjong. 
 
Pengaman dengan luasan mencapai 700 meter kubik ini dimaksudkan melindungi pondasi tiang jembatan agar tidak tergerus banjir lahar dingin Gunung Agung
 
[pilihan-redaksi]
Pemasangan batu bronjong sudah dimulai sejak Minggu (26/11) lalu. Tapi, menurut pelaksana proyek Kementerian PUPR, Gede Sugik pengerjaan sempat tertunda Senin (27/1) gara-gara keburu "dikirimi" banjir lahar dingin. Untungnya saat itu lahar dingin tidak begitu besar. 
 
"Dalam situasi seperti ini, jujur kami merasa was-was bekerja," kata Sugik seraya mengatakan, saat banjir lahar dingin alat berat saya amankan naik ke atas," katanya.
 
Mengantisipasi hal tidak diinginkan, Sugik harus menempatkan seorang karyawannya di hulu Tukad Unda. Jika sewaktu waktu kembali terjadi lahar dingin, dirinya bersama pekerja proyek bisa segera menyelamatkan diri. 
 
"Saya terus komunikasi dengan teman yang ada di hulu, agar menginformasikan jika air naik," pungkas Sugik. 
 
Salah seorang warga Tangkas Ni Nengah Ayu Sriani yang biasa melewati bantaran Tukad Unda mengungkapkan, jika banjir ketinggian air Tukad Unda bisa mencapai 2 meter lebih. 
 
"Airnya sampai keluar dari bibir Tukad Unda," ujar wanita dua anak ini. [wan/wrt]

Reporter: bbn/eng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami